Seluruhnya normal, sampai dengan jalur tengahnya sudah kondisi normal
Bandung (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol. Sutarman meninjau langsung situasi arus kendaraan mudik hari raya lebaran di jalur selatan Jawa Barat (Jabar), Minggu.

Kapolri bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Irjen Pol Putut Eko Bayuseno dan sejumlah perwira lainnya meninjau jalur di kawasan jalan Cagak Nagreg, jalur Tasikmalaya, dan Limbangan Kabupaten.

Sebelumnya Kapolri menyatakan sudah meninjau langsung kondisi arus lalu lintas jalur mudik seperti di jembatan Comal, Klaten, Solo, Purwerojo, dan Kebumen Jawa Tengah.

"Seluruhnya normal, sampai dengan jalur tengahnya sudah kondisi normal," kata Kapolri di Nagreg, Kabupaten Bandung.

Ia menuturkan, peningkatan volume kendaraan arus mudik di wilayah Jawa sudah mulai terjadi sejak tujuh hari sebelum hari raya lebaran, dan puncak kepadatan arus terjadi sejak tiga dan dua hari sebelum lebaran.

Sementara sehari sebelum lebaran, kata dia, situasi arus lalu lintas di kawasan Nagreg dan beberapa jalur lainnya sudah cukup normal.

Ia menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang hendak mudik atau sudah di kampung halaman selama di perjalanan terjebak kemacetan enam sampai tujuh jam karena padatnya arus kendaraan.

Selain itu, lanjut dia, adanya gangguan perjalanan pemudik seperti jembatan Comal, Jawa Tengah dan Cibaruyan, Jabar yang terputus sehingga arus kendaraan harus dialihkan.

"Dalam kesempatan ini saya menyampaikan permohonan maaf karena ada yang terjebak sampai enam jam, karena ada jembatan terputus kemudian harus diputar," katanya.

Ia mengintruksikan kepada seluruh jajaran Polri untuk tetap siaga melakukan pengamanan arus lalu lintas sampai arus balik lebaran.

"Seluruh personel Polri sudah dikerahkan, tidak ada yang cuti atau libur," kata Sutarman.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014