London (ANTARA News) - Liverpool telah meminjam bek kanan Spanyol Javier Manquillo dari juara bertahan Liga Spanyol Atletico Madrid, demikian diumumkan klub Liga Utama Inggris itu pada Rabu.

Liverpool tidak mengonfirmasi durasi peminjaman itu, namun Manquillo (20) dilaporkan telah berkomitmen untuk bertahan dua tahun di Anfield.

"Saya sangat gembira direkrut klub seperti Liverpool," kata Manquillo kepada situs resmi Liverpool. "Saya pikir ini adalah salah satu (klub) terbesar di Eropa. Semua pesepak bola akan ingin datang dan bermain di sini."

Manquillo memulai kariernya dengan rival sekota Atletico, Real Madrid, namun ia berpindah kubu ke Vicente Calderon pada 2007.

Ia melakukan debut tim pertamanya pada 2011 dan telah mewakili Spanyol di semua kelompok umur dari U-16 sampai U-20.

"Ketika mereka mengatakan kepada Anda bahwa Liverpool ingin merekrut Anda, saya pikir seperti semua pemain, Anda tentu saja akan terpukau dan Anda tidak memikirkan hal lain selain langsung pergi ke sana," tambahnya.

"Tujuan secepatnya adalah melakukan yang terbaik semampu saya di sini. Saya tiba di sini untuk berusaha dan mengamankan tempat untuk saya sendiri di tim dan, jika mungkin, bertahan untuk waktu yang lebih lama lagi pada masa yang akan datang."

Manquillo diharapkan dapat menjadi pelapis bagi bek kanan pilihan pertama Glen Johnson, namun ia juga akan menghadapi kompetisi dari Jon Flanagan, yang menembus tim inti sebagai bek kiri pada akhir musim lalu.

Ia merupakan pemain ketujuh yang bergabung dengan Liverpool pada bursa transfer musim panas setelah Rickie Lambert, Adam Lallana, Emra Can, Lazar Markovic, Dejan Lovren, dan Divock Origi, yang dipinjamkan kembali ke klub lamanya Lille.

Runner up musim 2013/2014, Liverpol, akan memulai musim baru Liga Utama Inggris dengan pertandingan kandang melawan Southampton pada 17 Agustus. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014