Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tai-young berjanji pada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan membawa investor sebanyak-banyaknya dari negaranya ke Indonesia.

"Kita berjanji kepada Jokowi untuk berupaya keras mengajak investor Korea untuk Indonesia," kata Cho usai bertemu dengan Jokowi di kantornya di Balaikota, Rabu.

Investasi yang dimaksud lebih pada bidang industri dan manufaktur, termasuk salah satunya membangun pabrik Samsung.

"Ya tambah-tambah investasi yang akan dilakukan di Jakarta dan di Indonesia bidang industri dan manufaktur. Bisa disampaikan ada perluasan Samsung di Indonesia pada bulan Desember akan mulai dibangun. Bangun pabrik HP Samsung," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Cho mengatakan ingin melanjutkan kerja sama-kerja sama yang sudah ada. Korea Selatan memprioritaskan Indonesia sebagai salah satu negara tujuan investasi.

"Jadi pemerintah Korea ingin sekali melanjutkan kerja sama seperti pembangunan desa, pembangunan Great Sea Wall. Hingga saat ini Korea mementingkan kunjungan ke Indonesia," katanya.

Terkait penanaman modal oleh Korsel di Indonesia, Kementerian Perindustrian mengaku sedang melakukan pendekatan dengan pihak ponsel Samsung untuk mau berinvestasi di Indonesia.

Meski Samsung telah membangun pabrik HP di Vietnam, Kemenperin berupaya memperkenalkan industri komponen ponsel yang dapat mendukung pembangunan pabrik Samsung di Indonesia dan berusaha meyakinkan bahwa Indonesia memiliki pasar yang potensial.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014