Jakarta (ANTARA News) - Hari bebas kendaraan bermotor (Car Free Day) di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, esok Minggu (17/8) ditiadakan untuk mendukung kegiatan upacara Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak beraktivitas di sepanjang kedua ruas jalan tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar dalam rilis yang diterima Antara, Sabtu.

Menurut dia, segala macam bentuk aktivitas, seperti berolahraga, bersepeda, jalan sehat dan lainnya tidak dapat dilakukan di kedua ruas itu pada 17 Agustus karena arus lalu lintas akan diberlakukan normal.

"Peniadaan kegiatan Car Free Day itu dilakukan semata-mata untuk mendukung pelaksanaan rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI. Masyarakat pun diimbau agar dapat menyesuaikan diri dengan kebijakan tersebut," ujar Akbar.

Dinas juga akan menutup beberapa ruas jalan, yakni Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Majapahit (sisi timur)-Jalan Veteran Raya, Jalan Veteran I, Veteran II dan Veteran III-Jalan Museum. Penutupan dilakukan pada pukul 05.00 hingga 12.00 WIB dan pukul 14.00 hingga 19.00 WIB.

"Selama penutupan jalan tersebut berlangsung, kami akan melakukan pengalihan terhadap dua rute Transjakarta Busway, yaitu pada Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulogadung-Harmoni)," tutur Akbar.

Dia mengungkapkan untuk Koridor I rute Blok M-Kota, bus dari Jalan MH Thamrin, diarahkan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit sisi barat-Harmoni dan seterusnya, namun tidak melewati Halte Monas.

Sebaliknya, bus dari Harmoni akan diarahkan belok kiri ke Jalan H Juanda-Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan M Ridwan Rais-berputar di Tugu Tani-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan MH Thamrin dan seterusnya, tidak melewati Halte Monas.

Untuk Koridor II rute Pulogadung-Harmoni, bus dari Halte Senen dan seterusnya hingga Jalan Pejambon kemudian diarahkan belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan M Ridwan Rais-berputar di Tugu Tani-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Harmoni. Bus tidak melewati Halte Gambir 1, Istiqlal, Juanda dan Pecenongan.

Arah sebaliknya, bus dari Harmoni diarahkan belok kiri ke Jalan H Juanda-Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan M Ridwan Rais-Halte Kwitang-Halte Senen dan seterusnya. Sejumlah halte yang tidak dilewati, yaitu Halte Monas dan Gambir 2.




Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014