Madrid (ANTARA News) - Brazil akhirnya berhasil mengalahkan Argentina, Minggu (Senin WIB), untuk lolos ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Bola Basket, menyusul tiga tim asal Eropa yaitu Serbia, Lithuania dan Turki.

Brazil yang belum pernah mengalahkan rivalnya asal Amerika Selatan, Argentina, dalam kejuaraan dunia sejak tahun 1969, menang dengan skor 85-65 di Madrid, Spanyol.

Raul Neto memimpin dengan mengumpulkan 21 poin sementara Marquinhos Vieira mengumpulkan 19 poin, diikuti Marcelino Heurtas dan Thiago Splitter yang mengumpulkan 10 poin untuk Brazil yang sebelumnya mengalami kekalahan dari Argentina pada Olimpiade 2012 serta Kejuaraan Dunia 1998, 2002 dan 2010.

"Ini merupakan sejarah untuk negara kami. Jadi kami ingin melakukan sesuatu yang istimewa dan saya rasa ini sudah waktunya," kata pemain Brazil, Leandrinho Barbosa.

Brazil selanjutnya akan menghadapi Serbia dalam babak perempat final yang akan digelar Rabu.

Serbia mencapai babak delapan besar setelah mengalahkan Yunani 90-72 dalam babak gugur, di mana Bogdan Bogdanovic berhasil mencetak 21 poin diikuti Miroslav Raduljica dengan 16 poin dan enam rebound.

"Ini kemenangan besar dan penting bagi tim dan basket di negara kami. Selama turnamen kami memperlihatkan satu semangat. Saya rasa kami pantas untuk mendapatkan kemenangan seperti ini," kata playmaker Serbia Milos Teodosic.

Kemenangan Serbia merupakan kejutan besar, karena sebelumnya mereka telah kalah dari Prancis, Spanyol dan Brazil dalam babak penyisihan grup, dan hanya menang atas tim lemah Iran dan Mesir.

Sebaliknya, Yunani yang mendapatkan 14 poin dan lima rebound dari Nick Calathes memetik hasil terburuk dengan mengalami kekalahan pertama di Kejuaraan Dunia itu.

Di pertandingan lain, Lithuania harus menjalani pertarungan sengit saat mengalahkan Selandia Baru dengan skor 76-71 untuk melaju ke babak perempat final. Jonas Valanciunas mengumpulkan 22 poin dan 13 rebound, Martynas Pocius mencetak 11 poin dan Darius Lavrinovic mencetak 10 poin untuk Lithuania.

"Saya hanya memainkan peran saya, mencoba untuk bermain aktif dan bermain untuk tim. Mereka memiliki energi yang sangat besar di dalamnya," kata Valanciunas.

Selandia Baru yang menampilkan perlawanan keras gagal untuk menang, namun berhasil menjadikan Corey Webster sebagai pemain dengan skor tertinggi 26 poin.

Lawan Lithuania di babak perempat final adalah Turki yang memastikan kemenangan 68-64 atas Australia melalui tembakan tiga poin Emir Preldzic di lima detik terakhir pertandingan. Preldzic dan Sinan Guler berhasil meraih 16 poin untuk Turki.

"Karakter kami di Kejuaraan Dunia adalah pantang menyerah. Setiap saat kami percaya kami akan membuat sesuatu hingga detik terakhir," kata pelatih Turki Ergin Ataman.

Di kubu Australia, Aron Baynes memimpin perolehan poin dengan mencetak 15 poin dan tujuh rebound.

Kejuaraan Dunia dijadwalkan libur pada Senin. Perempat final di Barcelona akan berlangsung Selasa, mempertemukan Amerika Serikat melawan Slovenia dan Lithuania melawan Turki.

Sementara itu perempat final di Madrid yang mempertemukan Spanyol melawan Prancis dan Serbia melawan Brazil akan berlangsung Rabu, demikian AFP melaporkan.

(SDP-63/T004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014