... Mesir memiliki potensi menjadi negara dengan ekonomi yang berkembang sangat kuat... "
Jakarta (ANTARA News) - Bank Dunia meneguhkan kembali komitmennya dalam membantu prioritas pembangunan negara Mesir, antara lain eksplorasi proyek baru dan meningkatkan proyek yang telah ada.

"Mesir memiliki potensi menjadi negara dengan ekonomi yang berkembang sangat kuat," kata Wakil Presiden Regional Bank Dunia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Inger Andersen, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Andersen, Grup Bank Dunia telah berkomitmen mendukung prioritas negara itu guna mengurangi tingkat kemiskinan dan mencapai kesejahteraan bersama.

Andersen berkunjung ke Mesir, 13-15 September untuk menemui sejumlah pejabat Mesir di Kairo, antara lain Perdana Menteri Mesir, Ibrahim Mahleb, dan Menteri Kerja Sama Internasional Mesir, Naglaa El-Ahwany.

Dalam pertemuan itu, Andersen menekankan kepentingan penerapan program jaringan keselamatan sosial yang ditargetkan secara baik, efisien dan efektif.

Hal itu dinilai penting, antara lain untuk memenuhi kebutuhan mendesak kaum miskin dan melindungi mereka dari dampak jangka pendek kenaikan BBM.

Selama kunjungan Andersen itu, Mesir dan Bank Dunia juga menandatangani kerja sama Proyek Sambungan Gas Alam Rumah Tangga Mesir senilai 500 juta dolar AS.

Proyek itu akan memperluas akses kepada sumber energi yang aman, lebih reliabel dan berbiaya rendah untuk memasak dengan mengubah 1,5 juta rumah tangga dari tidak lagi menggunakan LPG impor yang disubsidi.

Sementara Juni 2014 lalu, Grup Bank Dunia juga meluncurkan konsultasi untuk Kerangka Kerja Sama Negara, di Kairo, Alexandria, dan di Aswan, yang melibatkan lembaga masyarakat sipil, pemuda, akademisi, dan sektor swasta.

Pewarta: Muhammad Rahman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014