Jakarta (ANTARA News) - Aplikasi nirkabel/wireless bertajuk "Light Me Up" karya Firman Azhari dan Tera Harsa asal Bandung berhasil menjadi aplikasi Terbaik I dalam ajang Hackathon IWIC 8, yaitu ajang kompetisi pembuatan aplikasi mobile secara marathon 24 jam.

Group Head Corporate Communications Indosat Fuad Fachroeddin dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, menyebutkan kompetisi itu berlangsung dari Jumat 3 Oktober 2014 - Sabtu 4 Oktober 2014 di Gedung Indosat, Jakarta Pusat.

"Juara selanjutnya aplikasi berjudul V Lens karya Herdian Prakasa, Hendrawan dan Peterleon sebagai karya Terbaik II serta aplikasi berjudul Helping Nurse karya Gino menjadi Terbaik III," katanya.

Ia mengatakan tantangan pembuatan aplikasi selama 24 jam non-stop atau lebih dikenal dengan nama "Hackathon", diselenggarakan Indosat sebagai bagian dari rangkaian program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 8 yang saat ini masih terus berlangsung.

Kompetisi Hackathon ini diikuti oleh 130 peserta yang terbagi ke dalam 51 tim dimana setiap tim terdiri dari 1-4 orang.

Para peserta tersebut adalah para developer muda, start-up lokal dan anak muda dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, hingga Lampung.

Peserta diharuskan untuk memilih salah satu dari 3 kategori aplikasi yaitu (1) kategori Communication, Lifestyle, Education; (2) kategori Multimedia, Games dan (3) kategori Utilities (tools, security).

Ajang Hackathon dimulai pada Jumat 3 Oktober 2014 tepat pukul 16.30 WIB dan berakhir pada Sabtu 4 Oktober 2014 pukul 16.30 WIB.

"Selama 24 jam penuh, seluruh peserta secara berkelompok bahu-membahu membuat aplikasi mobile, kemudian mempresentasikan serta mendemokan karya aplikasi mereka di hadapan para juri," katanya.

Dewan Juri yang menilai terdiri Tim Indosat, Founder Institute, Harukaedu serta Kompas Gramedia.

Para peserta yang berhasil menjadi karya Terbaik dalam ajang Hackathon membawa pulang total hadiah puluhan juta rupiah, gadget terbaru, saldo Dompetku serta piagam.

Karya aplikasi mereka dalam ajang Hackathon ini secara otomatis juga masih bisa dikompetisikan dalam ajang IWIC 8 yang menjadi payung program Hackathon ini.

Kompetisi IWIC 8  diperpanjang masa pendaftarannya hingga 31 Oktober 2014.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014