Layanan ShopBox ini wujud komitmen Telkom untuk selalu mengembangkan UKM Indonesia menjadi UKM mandiri, hebat dan handal,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) meluncurkan produk "Shop-Box" layanan yang dapat mempermudah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam menjalankan bisnis dengan memanfaatkan konektivitas dan aplikasi registrasi secara terintegrasi.

"Layanan ShopBox ini wujud komitmen Telkom untuk selalu mengembangkan UKM Indonesia menjadi UKM mandiri, hebat dan handal," kata Direktur Enterprise Bussiness (EBIS) Telkom, Muhammad Awaluddin, di Jakarta, Jumat.

Menurut Awaluddin, Shop-Box berisi perangkat teknologi seperti modem speedy, aplikasi smartbisnis, dan aplikasi "BosToko".

BosToko merupakan aplikasi yang dapat melakukan secara online, mulai dari penjualan barang/produk, monitoring dan pencatatan transaksi, monitoring data di berbagai cabang, pencatatan data pelanggan, hingga sistem penggajian karyawan.

"Penggunaan Shop-Box sangat praktis dan mudah karena cukup mengaktifkan perangkat yang ada secara "plug and play", maka UKM dapat memanfaatkan berbagai fitur yang dibutuhkan," ujar Awaluddin.

Selain kemudahan, Telkom juga menawarkan harga yang terjangkau bagi pelaku UKM, dengan paket akses internet 1 MBps plus aplikasi dan layanan lainnya cukup Rp200.000/bulan.

Untuk tahap awal ujarnya, Shop-Box melayani sentra UKM kuliner seperti Kemang Food Garden dan Pasar Santa, Jakarta yang selanjutnya diperluas pada area layanan pada sentra-sentra bisnis lainnya.

Pada kesempatan itu, sebanyak 20 gerai kuliner dari 30 gerai Cafe Kemang Food Garden milik artis Baim Wong dan Cut Memey ini membeli Shop-Box.

Pada bulan pertama Desember 2014, Telkom menargetkan 100 paket Shop-Box akan disebar kepada di dua kawasan tersebut, selanjutnya dicanangkan 20.000 paket produk selama tahun 2015.

Awaluddin menuturkan, untuk pengembangan layanan Shop-Box tersebut, Telkom mengalokasikan investasi sebesar Rp4 miliar.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014