Mogadishu (ANTARA News) - Dinas keamanan Somalia pada Sabtu (27/12) mengkonfirmasi bahwa seorang komandan senior Ash-Shabaab ditahan di Elwak, dekat perbatasan Somalia-Kenya.

Beberapa pejabat mengatakan Zakariya Ismail Hersi ditangkap setelah anggota masyarakat memberi keterangan kepada dinas keamanan pada Sabtu, demikian laporan Xinhua.

Hersi, yang termasuk di dalam daftar Amerika Serikat untuk orang yang dicari, diduga adalah pembantu dekat mantan pemimpin Ash-Shabaab Ahmed Abdi Godane --yang tewas dalam satu serangan pesawat tanpa awak milik AS pada September tahun ini.

Pada Juni 2012, AS menawarkan hadiah lebih dari tiga juta dolar AS buat orang yang bisa menangkap Hersi, dan menggambarkannya sebagai tokoh penting di dalam jajaran kelompok fanatik Somalia yang memiliki kaitan dengan Al Qaida.

Penahanan Hersi terjadi cuma satu pekan setelah komite Dewan Keamanan PBB yang menangani masalah Somalia pada 19 Desember menghapus mantan pemimpin senior Ash-Shabaab, Sheikh Mohamed Said Atom, dari daftar sanksinya, enam bulan setelah ia membelot dari kelompok fanatik tersebut.

Banyak pengulas keamanan mengatakan penangkapan Hersi adalah pukulan keras bagi kegiatan kelompok itu untuk menggulingkan Pemerintah Federal Somalia, yang didukung masyarakat internasional.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014