Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menegaskan nasib nelayan dan pemberdayaannya adalah urusan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bukan urusan kementeriannya.

"Kalau nelayan itu urusan Bu Susi, saya yang akan mengurus keluarganya," kata Puspayoga di Jakarta, Rabu, menyusul rencana kementeriannya mengembangkan program kewirausahaan bagi keluarga nelayan dan keluarga petani.

Ini berarti kementerian di bawah Puspayoga akan melatih dan mendampingi sekaligus memberi modal awal untuk usaha bagi istri dan anak-anak nelayan.

"Ini sebagai salah satu upaya kementerian kami untuk mendukung percepatan program swasembada pangan dan kedaulatan pangan," kata dia.

Menurut dia, jika nelayan telah diurus Menteri Kelautan dan Perikanan serta petani diberdayakan oleh Menteri Pertanian, maka kontribusi kementeriannya adalah memberdayakan keluarganya agar kehidupannya semakin baik.

Kementeriannya mengalokasikan anggaran secara khusus untuk menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga nelayan di pesisir dan keluarga petani di berbagai provinsi.

Materi kewirausahaan yang ditawarkan pun beragam disertai program pendampingan selama setahun dari pemerintah daerah dan mitra yang ditunjuk.

Ia mengatakan perlunya menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat karena jika tidak dilakukan maka Indonesia akan tergilas pada era ekonomi pasar bebas sehingga gerakan kewirausahaan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

"Wirausaha kita masih 1,65 persen dari 240 juta penduduk, masih kecil, kita perlu minimal 2 persen," katanya.





Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014