Pangkalan Bun, Kalteng (ANTARA News) - Kapal Crest Onyx yang membawa ekor pesawat AirAsia QZ8501 yang telah diangkat di permukaan Selat Karimata, Sabtu (10/1), sampai di Pelabuhan Laut Panglima Utar, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kapal sempat terkendala saat memasuki muara menuju Pelabuhan Laut Panglima Utar di Kumai, Kalteng, karena air surut. Sehingga kapal yang diperkirakan tiba di pelabuhan pukul 11.00 WIB, baru sampai pukul 16.30 WIB.

Tim Basarnas menggunakan speed boat memandu kapal Crest Onyx untuk masuk ke muara hingga pelabuhan. Rencananya ekor pesawat akan diinapkan di salah satu gudang di Pelabuhan Laut Panglima Utar.

Pemindahan ekor pesawat dari kapal Creat Onyx ke salah satu dermaga pelabuhan menggunakan crane dari KN Arcturus milik Ditjen Hublan Navigasi. Pemindahan tidak hanya disaksikan awak media tetapi masyarakat Kumai yang datang langsung ke pelabuhan.

Sebelumnya Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi mengatakan ekor pesawat Airbus 320-200 milik maskapai Air Asia tersebut akan dikumpulkan dengan serpihan pesawat lainnya dan diinvestigasi.

Rencananya, KNKT akan meminta bantuan Kementerian Perhubungan untuk membawa ekor pesawat ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sebelum akhirnya dibawa ke bekas terminal haji di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Ekor pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan pada Rabu (7/1), oleh para penyelam dari tim SAR gabungan setelah kapal Geosurvey berhasil mendeteksi obyek metal di sektor prioritas kedua di lokasi pencarian perairan Teluk Kumai, Kalteng.

Ia mengatakan 70 persen jawaban penyebab jatuhnya sebuah pesawat ada di kotak hitam. Meski demikian investigasi tetap dapat dilakukan dengan merekonstruksi kembali badan pesawat.

Sementara itu, kotak hitam yang menyimpan Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Air Asia QZ8501 diduga telah terpisah dari ekor pesawat.

"Tidak ada (di ekor pesawat). Jadi kemungkinan sudah berpisah dengan ekornya," kata Direktur Operasional Basarnas Marsekal Pertama SB Supriyadi saat memberikan keterangan pers di Lanud Iskandar, Sabtu (10/1).

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015