Harapan Memes terhadap Badan Ekonomi Kreatif

Harapan Memes terhadap Badan Ekonomi Kreatif

Memes melantunkan lagu saat peluncuran album terbarunya bertajuk "Lief Java" (Jawa yang indah) di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Rabu (28/1). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News) - Artis Memes berharap pembentukan Badan Ekonomi Kreatif (BEK) dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi insan kreatif dari berbagai lintas generasi tanpa pandang bulu.

"Porsinya yang wajar. Jangan yang anak muda saja, misalnya di musik, tapi juga yang senior-senior seperti kita juga," ujar Memes pada Antara News usai peluncuran "Lief Java" di Jakarta, Rabu (28/1).

Penyanyi bernama lengkap Meidyana Maimunah itu ingin agar BEK dapat menumpas pembajakan segala karya kreatif sehingga para seniman bisa menuai hasil kerja keras mereka secara adil.

"Pembajakan membuat kita tidak bisa berkarya," ujar istri musisi Addie MS itu.

Ibu dari pianis Vierratale Kevin Aprilio menambahkan BEK juga diharapkan dapat meningkatkan berbagai aspek kreativitas di Tanah Air, tidak hanya di bidang musik.

Ia juga menyambut baik terpilihnya Triawan Munaf sebagai kepala Badan Ekonomi Kreatif pertama yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Senin (26/1).

"Saya senang banget karena mas Triawan kan teman kita juga," ujar dia. Usai pelantikan, Triawan Munaf menyatakan akan bekerjasama dengan Polri membentuk detasemen khusus (densus) pemberantas pembajakan, khususnya lagu dan film Indonesia.

Badan Ekonomi Kreatif adalah badan setingkat kementerian dan langsung berada di bawah koordinasi Presiden.

Badan itu akan mengatur subsektor terdiri dari subsektor aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, disain komunikasi visual, disain produk, fesyen, film animasi video, fotografi, kuliner, musik penerbitan periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Bekraf klaim sukses penuhi target kinerja

Komentar