Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin menyampaikan tiga arah kebijakan pembangunan industri nasional pada Rapat Kerja Kemenperin 2015, yang mengusung tema "Terbangunnya Industri yang Tangguh dan Berdaya Saing Menuju Kemandirian Ekonomi".

"Raker ini merupakan upaya untuk mengawali kerja besar pembangunan sektor industri selama satu tahun ke depan dan awal dari tahapan pembangunan jangka menengah nasional 2015-2019," ujar Menperin Saleh Husin saat memberi sambutan di Jakarta, Kamis.

Menperin mengatakan, arah kebijakan pertama adalah pengembangan perwilayahan industri di luar Pulau Jawa melalui fasilitasi pembangunan 13 Kawasan Industri dan 22 Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM).

Selain itu, tambahnya, berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan dalam membangun infrastruktur utama seperti jalan, listrik, air bersih, telekomunikasi, pengolah limbah dan logistik; serta infrastruktur pendukung tumbuhnya industri dan sarana pendukung kualitas kehidupan bagi pekerja.

Kedua, penumbuhan populasi industri dengan target penambahan sebesar 9 ribu usaha industri berskala besar dan sedang, di mana 50 persen tumbuh di luar Jawa, serta 20 ribu unit industri kecil dengan mendorong investasi untuk industri.

"Adapula memanfaatkan kesempatan dalam jaringan produksi global, pembinaan industri kecil dan menengah (IKM) agar dapat terintegrasi dengan rantai nilai industri pemegang merek di dalam negeri," ujar Menperin.

Terakhir adalah peningkatan daya saing dan produktivitas, khususnya peningkatan nilai ekspor dan nilai tambah per tenaga kerja melalui peningkatan efisiensi teknis, peningkatan penguasaan IPTEK atau inovasi, peningkatan penguasaan dan pelaksanaan pengembangan produk baru oleh industri domestik.

Kemudian, lanjut Menperin, pembangunan faktor input atau peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) industri dan akses ke sumber pembiayaan yang terjangkau dan insentif dalam rangka peningkatan daya saing dan produktivitas.

Melalui raker tersebut, Menperin berharap dapat menyamakan persepsi dan saling bersinergi antar sesama instansi pemerintah maupun antara pemerintah dengan pelaku usaha dan stakeholder terkait.

"Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin secara erat dan berkesinambungan dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan industri," ujar Menperin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015