Ketinggian 110 cm terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, hingga sekarang bertahan siaga tiga banjir,"
Bogor (ANTARA News) - Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Kota Bogor mengalami kenaikan Kamis siang di level 110 cm, atau siaga tiga banjir.

"Ketinggian 110 cm terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, hingga sekarang bertahan siaga tiga banjir," kata Kepala Pelaksana Harian Bendung Katulampa Andi Sudirman di Bogor, Kamis.

Andi mengatakan, peningkatan volume air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa sudah terjadi dari pukul 15.00 WIB dari 70 cm.

Selang waktu setengah jam ketinggian permukaan air di Bendung Katulampa mengalami peningkatan drastis hingga siag tiga banjir.

"Hujan lokal terjadi di Puncak saja dari pukul 14.00 WIB. Di Katulampa tidak ada hujan," katanya.

Menurut Andi, pihaknya sudah menginformasikan ketinggian air di Bendung Katulampa kepada pihak terkait terutama pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan petugas penjaga pintu air Manggarai serta Depok.

Andi memperkirakaan air tetap bertahan dan kemungkinan akan surut malaam hari apabila hujan di kawasan Puncak berhenti.

Diperkirakan air Sungai Ciliwung akan tiba di Jakarta dalam waktu 12 jam.

"Kami sudah menginformasikan kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai adanya kenaikan air Sungai Ciliwung," katanya.

Sementaara itu, pantauan cuaaa di kawasan Kota Bogor tidak turun begitu juga di Cibinong, Sentul dan sebagain wilayah Kabupaten Bogor.

Hujan lokal melanda wilayah Puncak sejak Kamis siang hingga kini, sehingga menyebabkan volume air meningkat.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015