Minimal harus setengah plus satu, kalau di KPK minimal tiga pimpinan"
Jakarta (ANTARA News) - Saksi ahli Zaenal Arifin Mochtar mengatakan mustahil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus selalu dipimpin oleh lima orang pimpinan KPK.

"Secara pembacaan struktural Undang-Undang KPK, mustahil diterjemahkan bahwa kolegial kolektif itu harus selalu lima dan wajib lima (pimpinan)," kata Zaenal dalam sidang praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat.

Ia mengatakan, hal itu karena ada kalanya pimpinan KPK mengalami conflict of interest atau konflik yang melibatkan anggota keluarga dan pimpinan KPK sehingga tidak bisa menjabat posisi tersebut.

"Karena memang ada kondisi conflict of interest sehingga tidak bisa lima," kata dia.

Ia mengatakan, apabila terjadi halangan demikian maka tidak mungkin lembaga antikorupsi ini berhenti atau tidak memutuskan sebuah perkara.

Dosen Universitas Gadjah Mada itu menjelaskan, kekosongan pimpinan minimal harus setengah plus satu dari keseluruhan anggota.

"Minimal harus setengah plus satu, kalau di KPK minimal tiga pimpinan," kata dia.

Dengan begitu, kata Zaenal, berlaku hukum forum yang berarti pengambilan keputusan diambil oleh forum beranggotakan setengah plus satu dari jumlah pimpinan.

Hukum forum tersebut, kata Zaenal memang tidak diatur Undang-Undang KPK namun Komisi Yudisial menggunakannya.

Dalam KY, kata Zaenal, berlaku forum lima orang untuk memutuskan pengawasan kewenangan hakim.

"Pengambilan keputusan untuk kewenangan pengawasan hakim sekurang-kurangnya lima orang, dari tujuh komisioner," kata dia.

Sedangkan apabila pimpinan KPK tersisa tinggal dua orang maka berlaku Peraturan Pengganti Undang Undang (Perppu) pelaksana tugas pimpinan KPK.

Sebelumnya pada sidang praperadilan Rabu lalu, saksi ahli pihak pemohon Romli Atmasasmita mengatakan pimpinan KPK wajib lima orang berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 Tentang KPK.

Romli mengatakan, apabila ada kekosongan pimpinan maka presiden wajib mengisi kekosongan itu dengan mengangkat pimpinan KPK pengganti.



Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015