Komunitas batu akik yang dibentuk di daerah ini manajemennya sama dengan komunitas yang sama di pusat."
Mukomuko (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mendorong pembentukan komunitas batu akik di daerah itu.

"Diupayakan, tahun ini dibentuk komunitas batu akik di daerah ini," kata Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Ali Nasri di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, karena tahun ini fokus kegiatan bidang perindustrian pemerintah setempat saat ini itu lebih banyak pembinaan perajin usaha batu akik.

Menurut dia, rencananya tahun ini instansi itu ingin mengirimkan perajin batu akik dari daerah itu untuk mengikuti pelatihan mengasah dan mengenali ciri khas batu akik di tingkat provinsi.

"Berita dari Departemen, namun belum sepenuhnya pasti, seluruh komunitas batu akik di setiap daerah untuk mengikuti pelatihan di tingkat provinsi," ujarnya.

Menurut dia, meskipun berita itu baru rencana dan belum ada bukti tertulis, namun di daerah itu perlu membentuk komunitas batu akik terlebih dahulu agar bisa ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Kalau memang jadi pelatihan itu jadi digelar, lanjutnya, pasti ada penyampaian tertulis kepada instansi itu.

Untuk itu, ia menargetkan, tahun ini sudah terbentuk komunitas batu akik di daerah itu agar komunitas ini dapat mewakili kabupaten itu mengikuti berbagai pelatihan dan kontes di tingkat provinsi dan nasional.

Selain itu, katanya, kalau belum ada komunitas, sulit bagi pemerintah setempat memperkenalkan batu akik dari daerah itu.

"Komunitas batu akik yang dibentuk di daerah ini manajemennya sama dengan komunitas yang sama di pusat," ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015