Jangan sampai popularitas batu akik hanya sementara."
Palangka Raya (ANTARA News) - Jajaran anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendorong kerajinan batu akik berkelanjutan hingga merambah pasar global.

"Potensi batu akik khas Kalimantan Tengah (Kalteng) sangat bagus dan sering dicari-cari penggemar batu akik dari luar maupun dalam daerah," kata Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto di Palangka Raya, Sabtu.

Menurutnya, kerajinan batu akik harus terus didorong untuk menjadi kerajinan berkelanjutan agar terus bertahan dan berkembang sampai mancanegara.

Penggemar batu akik khas Kalteng berasal dari kalangan pejabat dan pengusaha.

Ia menambahkan "booming" batu akik yang saat ini terjadi di beberapa daerah dan menjadi perhatian masyarakat banyak harus mampu dimanfaatkan untuk bisa menjadi salah satu sarana mengenalkan potensi daerah dan menjadi ikon daerah.

"Jangan sampai popularitas batu akik hanya sementara. Batu akik harus tetap dipertahankan dengan mengembangkan serta mempromosikan batu akik asli dari daerah Kalteng," ujarnya.

Untuk mempertahankan batu akik sebagai kerajinan berkelanjutan, Sigit K Yunianto mengatakan, pihaknya berharap kepala daerah masing-masing kabupaten/kota maupun provinsi bisa memberi label jenis batu asal daerahnya.

Selain itu, kepala daerah harus melakukan kerjasama, misalnya dengan pecinta batu akik, komunitas batu akik untuk bisa melakukan kegiatan yang bersifat promosi dan edukasi terlebih menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

"Tujuannya agar mempertahankan seni batu akik lewat pengasah, yang menjadi salah satu faktor utama keindahan batu akik tersebut," ujarnya.

Pewarta: Ronny NT
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015