Salah satu kandidat terkuat Pak BG"
Jakarta (ANTARA News) - Kadivhumas Polri Brigjen Anton Charliyan merespons isu Komjen Budi Gunawan akan menjadi Wakil Kepala Polri mendampingi Kapolri definitif nanti, dengan mengakui bahwa Budi memang menjadi salah seorang kandidat terkuat untuk dicalonkan.

"Salah satu kandidat terkuat Pak BG," kata Anton di Mabes Polri, Jakarta, Senin, menyebut Budi Gunawan dengan inisial "BG".

Namun dia buru-buru menegaskan bahwa hingga saat ini Polri belum membahas sosok yang akan menjadi Wakapolri itu.

"Yang penting Kapolri dulu," kata Anton.

Dia mengatakan proses pencalonan Wakapolri akan melalui mekanisme di Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) dan persetujuan Presiden.

Hari ini Presiden Joko Widodo dan pimpinan DPR menggelar rapat konsultasi di DPR untuk membahas pencalonan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Presiden mengaku telah berkirim surat ke DPR mengenai pencalonan Badrodin itu pada 18 Februari 2015. Dia menyebut pengajuan calon Kapolri baru itu demi menciptakan ketenangan di masyarakat serta memenuhi kebutuhan Polri.

Jokowi juga menjelaskan alasan batal melantik Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan, pada pertemuan dengan DPR tersebut.

"Saya jelaskan tadi mengenai alasan tidak dilantiknya Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri," kata Jokowi, seraya menyebut alasan pencalonan Budi telah menimbulkan perdebatan pada masyarakat.



Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015