London (ANTARA News) - Produk domestik bruto (PDB) Inggris diperkirakan tumbuh sebesar 0,6 persen pada kuartal pertama 2015 dibandingkan dengan kuartal keempat 2014, sebuah lembaga riset ekonomi Inggris mengatakan, Jumat.

Ekonomi Inggris terus berkembang pada "kecepatan yang wajar", konsisten dengan rata-rata laju pertumbuhan sejak awal 2013, kata National Institute of Economic and Social Research (NIESR) yang berbasis di London.

Namun, perhitungan NIESR menunjukkan bahwa "kinerja yang lemah baru-baru ini di sektor produksi dan konstruksi telah menekan pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama sekitar 0,15 persentase poin," katanya dalam sebuah laporan.

Pada hari yang sama, data dari Kantor Statistik Nasional menunjukkan bahwa produksi industri Inggris naik tipis hanya sebesar 0,1 persen atas dasar bulan ke bulan, sementara produksi industri konstruksi diperkirakan mengalami penurunan sebesar 0,9 persen dibandingkan periode yang sama.

Dalam laporan sebelumnya, NIESR memproyeksikan PDB Inggris akan mencatat pertumbuhan tahunan 2,9 persen pada 2015 dan 2,3 persen pada 2016.
(A026)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015