Jakarta (ANTARA News) - Investor Tiongkok Dinson Industries Corporation berencana membangun pabrik "granty crane" di Indonesia dengan menggandeng investor dalam negeri.

"Dinson dan perusahaan dari group kami akan membangun pabrik granty crane di sini. Lokasinya sedang dicari, kemungkinan di Pulau Jawa dan dekat dengan laut," kata General Manajer PT Baharu Perkasa Lines Arief Sugiarto di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, pabrik tersebut nantinya akan memproduksi "crane" untuk digunakan di pelabuhan, tambang dan tambang batubara yang beroperasi di dalam negeri.

"Kami menyampaikan rencana ini kepada Menteri Perindustrian Saleh Husin. Menperin mendukung, karena 'local content" dari pabrik ini lumayan tinggi, lebih dari 20 persen," ujar Arief.

Arief menambahkan, harga jual "crane" yang akan diproduksi tersebut mencapai minimal 5 juta dollar AS per buah.

Rencananya, lanjut Arief, pabrik tersebut akan dibangun pada tahun ini, namun, ia belum dapat menyampaikan terkait nilai investasi, kapasitas produksi maupun kebutuhan lahannya.

"Setelah mendapatkan lokasi, kami akan mempersiapkan perizinan. Nanti kami lihat berapa lama proses perizinan tersebut. Mudah-mudahan bisa mulai dibangun tahun ini," katanya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015