New Delhi (ANTARA News) - Produsen smartphone asal Tiongkok, Xiaomi meluncurkan ponsel seri andalan terbarunya Xiaomi Mi 4i dalam peluncuran global di Siri Fort Auditorium, New Delhi, India pada Kamis (23/4).

"Kalian semua pasti sudah menunggu-nunggu kehadiran produk baru ini. Ini adalah ponsel yang didisain khusus untuk bisa pas dengan sempurna di tangan Anda," kata Vice President Xiaomi Global, Hugo Barra di New Delhi, Kamis.

Xiaomi Mi 4i diklaim sebagai ponsel "flagship" atau andalan karena memiliki keunggulan di beberapa aspek seperti disain, daya tahan baterai, layar, kamera, kemampuan teknis dan sistem operasinya.

Di segi disain, Xiaomi Mi 4i menggunakan bahan plastik polikarbonat. Dilengkapi dengan anti-grease, bodi perangkat bisa langsung dilap jika terkena noda dan diklaim bisa langsung bersih. Perangkat hadir dalam lima warna: biru, pink, kuning, hitam dan putih.

Xiaomi Mi 4i hadir dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan ketebalan 78 milimeter dengan berat 130 gram. Dibanding iPhone 6, Xiaomi diklaim lebih pas di tangan karena memiliki layar 10 persen lebih lebar, di mana iPhone 6 berukuran 4,7 inci. Mi 4i juga tercatat tujuh persen lebih tinggi dari iPhone 6.

Xiaomi Mi 4i diklaim memiliki daya tahan baterai paling tangguh di kelasnya yakni 3120 mAH atau setara dengan 1,5 hari penggunaan reguler.

Hugo mengatakan, penggunaan daya baterai yang besar tak akan mengurangi kecepatan kerja ponsel karena perangkat telah didukung teknologi yang canggih salah satunya adalah kemampuan pengecasan yang cepat.

Penampilan layar Xiaomi Mi 4i mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan hingga 441 piksel per inci. Layar sepenuhnya dilapisi dengan layar OGS.

Layar juga dilengkapi dengan all-new Sunlight Display, yang memungkinkan pengambilan gambar maksimal di tempat yang bercahaya kurang atau lebih.

Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel autofokus yang didukung oleh LED flash. Selain itu, untuk foto selfie atau video call, perangkat tersebut dilengkapi kamera depan berkekuatan 5 megapiksel.

Untuk performa yang lebih cepat, Mi 4i dilengkapi dengan prosesor generasi kedua Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 64-bit, 2GB LPDDR3 RAM dan 16GB onboard Flash. Ponsel ini juga dilengkapi dengan slot 4G dual SIM.

Untuk pertama kalinya, Mi 4i dilengkapi dengan antarmuka MIUI 6 berbasis Android 5.0 Lollipop, sistem operasi versi terbaru dari Google.

Dalam acara tersebut, Hugo Barra juga mengumumkan bahwa Mi Band juga akan hadir di India, dan akan dijual secara eksklusif di Mi.com.

Hingga saat ini, Xiaomi sudah menjual sebanyak satu juta Mi Band per bulan. Mi Band tidak hanya bisa digunakan untuk memonitor aktivitas olahraga, namun juga untuk memonitor pola tidur. Perangkat itu juga dapat membuka ponsel Mi serta perangkat berbasis Android 5.0 lainnya.

Sementara itu Lei Jun, Pendiri dan CEO Xiaomi, mengatakan India merupakan pasar yang sangat penting bagi Xiaomi.

"India juga merupakan pasar internasional terbesar kami di luar Tiongkok, dan saya juga sangat senang bahwa Mi 4i pertama kali diluncurkan di India, yang kemudian diikuti oleh pasar lainnya. Tujuan Xiaomi adalah untuk menghadirkan inovasi bagi semua orang. Kami akan meluncurkan lebih banyak produk untuk India dan pasar lainnya sembari melanjutkan fokus kami untuk terus menjalin persahabatan dengan para penggemar dan menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan mereka," katanya.

Mi 4i hadir pertama kali di India dengan harga 12.999 Rupee atau sekitar Rp2.600.000. Registrasi pembelian melalui Flipkart akan dimulai hari ini dan penjualan akan dimulai 30 April 2015. Di Indonesia, Xiaomi Mi 4i dijanjikan hadir pada bulan Mei, bersamaan dengan peluncurannya di pasar Xiaomi lainnya seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015