BEIJING, 9 Mei 2015 (Antara/PRNewswire) -- Wang Jianlin, pemilik raksasa real estate dan properti asal Tiongkok Wanda Group, menyingkirkan Li Ka-shing sebagai orang terkaya di Asia, berkat melonjaknya harga saham kelas A dan kelas H (saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Hong Kong) Wanda Group dalam beberapa bulan terakhir. 

Mengacu pada data dari Bloomberg Chinese Rich List dan Asia Rich List per 1 Mei 2015, dengan mengantongi kekayaan senilai 38,1 miliar dolar Amerika, Wang secara otomatis menggeser sang pemuncak daftar orang terkaya di Asia, Li Ka-shing.

Pada tanggal tersebut, dalam daftar orang terkaya di dunia, Wang Jianlin menempati peringkat ke-11, pendiri Alibaba Group Jack Ma duduk di peringkat ke-17 dengan kekayaan mencapai 35,1 miliar dolar Amerika, sedangkan Li Ka-shing menempati peringkat ke-19 dengan kekayaan senilai 34,7 miliar dolar. Dengan demikian, Wang berhasil melampaui kedua konglomerat Asia tersebut pada akhir April.

Mengacu kepada daftar orang terkaya sebelumnya yang dirilis oleh Bloomberg dan Forbes, Wang Jianlin "hanya" memiliki kekayaan senilai 24,2 miliar dolar Amerika, dengan kata lain peningkatan pesat di dalam kapitalisasi pasar dari ketiga perusahaan publik milik Wang selama periode ini menjadi penyumbang terbesar terhadap lonjakan kekayaan konglomerat properti tersebut.

Pada tanggal 4 Mei, harga saham Dalian Wanda Commercial Properties (3699 HK), anak perusahaan Wanda Group yang diperdagangkan secara publik, melonjak drastis ke angka 68 dolar Hong Kong per lembar setelah pembukaan, sehingga mendorong kapitalisasi pasarnya mencapai lebih dari 300 miliar dolar Hong Kong untuk pertama kalinya. Mengingat Wang dan keluarganya memiliki 2,43 miliar saham Dalian Wanda Commercial Properties melalui Wanda Group, nilai pasar saham Dalian Wanda Commercial Properties yang dimiliki dia dan keluarganya sendiri saja telah mencapai lebih dari 20 miliar dolar Amerika.

Selain kepemilikan saham pada Dalian Wanda Commercial Properties, Wang Jianlin juga mempunyai saham kelas A sebesar 60,71% pada Wanda Cinema Line (002739.SZ) melalui Wanda Investment Co.,Ltd, dengan nilai pasar mencapai sekitar 57,2 miliar yuan berdasarkan kapitalisasi pasar Wanda Cinema Line per 4 Mei.
 
Wang Jianlin juga memiliki 78% saham kelas A pada AMC, saluran televisi kabel dan satelit asal AS, dengan nilai pasar mencapai sekitar 14,5 miliar yuan, berdasarkan harga saham per 4 Mei. Dengan demikian, total nilai saham yang dimiliki Jianlin pada ketiga perusahaan tersebut mencapai hampir 200 miliar yuan atau 32 miliar dolar Amerika. 

Patut dicatat, nilai saham Dalian Wanda Commercial Properties dan Wanda Cinema Line naik pada bulan April, dengan peningkatan sebelumnya mencapai 33% dan terakhir mencapai 74%.

Sehubungan dengan performa positif dari kedua perusahaan tersebut di pasar modal, sejumlah analis industri yakin hal ini dikarenakan para investor melakukan penilaian ulang terhadap valuasi mereka. Sebagai contoh, Wanda Group baru saja mengumumkan strategi restrukturisasi keempatnya - salah satunya yaitu inisiatif "asset-heavy" ke "asset-light" - yang telah membantu mengatasi berbagai permasalahan finansial yang telah menghambat laju pertumbuhan Dalian Wanda Commercial Properties. Dengan demikian, wajar jika para investor puas dengan pesatnya pertumbuhan aset perusahaan ini.

Tak kalah penting, dengan pesatnya pertumbuhan Wanda Group di industri kebudayaam, pariwisata, perdagangan elektronik, dan keuangan, Wanda Group berencana untuk membangun sebuah ekosistem terpadu yang meliputi lalu lintas konsumen, logistik, arus modal, dan arus informasi yang berdasarkan konsumsi secara offline.

"Mengingat pesatnya pertumbuhan industri properti komersial di Tiongkok daratan, kami yakin Dalian Wanda Commercial Properties akan memperoleh manfaat yang signifikan dari kebijakan pemerintah pusat yang ditujukkan untuk mendorong konsumsi domestik. Dengan pengaruh merek yang kuat di pasar Tiongkok, pasar properti ritel Wanda akan didukung oleh peritel domestik dan internasional. Walaupun semakin banyak kompetitor, kami yakin Wanda akan selalu dapat berkembang dan semakin diterima oleh masyarakat Tiongkok."

Dalam laporannya, tim analis UBS memproyeksikan target harga saham Dalian Wanda Commercial Properties bisa tembus hingga HK$77,95 per lembar, dengan rating investasi "Buy". 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015