Jakarta (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (ADB) telah menunjuk mantan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menjadi Wakil Presiden ADB untuk Urusan Pengelolaan Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Rilis ADB yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan Bambang akan bertanggung jawab secara umum terhadap pengelolaan Departemen Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim, Departemen Riset Ekonomi dan Kerjasama Regional, dan Departemen Hubungan Eksternal.

Bambang, menggantikan Bindu Lohani yang telah memasuki masa pensiun. Ia mempunyai pengalaman panjang sebagai akademisi, dan sebelumnya turut memberi masukan terhadap kebijakan pemerintah, sektor swasta, dan berbagai organisasi internasional.

Bambang mendapatkan gelar PhD di bidang perencanaan infrastuktur serta gelar Master di bidang teknik sipil dan Master di bidang perencanaan kota dan kawasan dari University of California, Berkeley.

Selain itu, ADB juga menunjuk Diwakar Gupta sebagai Wakil Presiden Urusan Operasi Sektor Swasta dan Pembiayaan Bersama yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan Departemen Operasi Sektor Swasta, dan Kantor Urusan Operasi Pembiayaan Bersama.

Lulusan magister sains bidang fisika dari University of Delhi, yang menggantikan Lakshmi Venkatachalam ini, sebelumnya adalah Managing Director dan Chief Financial Officer pada Bank of India serta menjabat sebagai direktur independen di berbagai organisasi bisnis, perusahaan jasa keuangan, dan berbagai perusahaan swasta di India.

ADB, yang berbasis di Manila, bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di Asia dan Pasifik melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan yang menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan integrasi kawasan.

Didirikan pada 1966, ADB dimiliki oleh 67 anggota, dengan 48 anggota diantaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik. Pada 2014, dukungan ADB total berjumlah 22,9 miliar dolar AS, termasuk pembiayaan bersama 9,2 miliar dolar AS.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015