Rancagua, Chile (ANTARA News) - Ekuador untuk sementara unggul atas Meksiko dengan skor 1-0 hingga babak pertama usai dalam laga penyisihan Grup A Piala Amerika 2015 di Estadio El Teniente, Rancagua, Chile, Sabtu pagi WIB.

Keunggulan tersebut diperoleh tim asuhan Gustavo Quinteros berkat gol yang dicetak oleh Miller Bolanos pada menit 26, memanfaatkan bola muntah tendangan rekannya Enner Valencia.

Apabila kedudukan bertahan hingga laga usai, maka hasil tersebut bakal memastikan tersingkirnya Meksiko dari Piala Amerika di fase grup, untuk kali kedua dalam sembilan kali penampilan sebagai tim undangan kompetisi antar negara-negara Amerika Selatan itu.

Sebelumnya, pada edisi 2011 lalu di Argentina mereka juga tersingkir di fase grup setelah menelan tiga kekalahan beruntun.

Sementara bagi Ekuador, meski mereka menang, peluang untuk lolos ke babak perempat final sangat kecil, mengingat satu-satunya harapan bagi Pasukan Kuning itu adalah memperoleh tiket sebagai satu dari dua pemegang tempat ketiga terbaik, sedangkan mereka hanya mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan.

Ekuador memang sejak awal mengambil inisiatif serangan, bahkan mengancam gawang Meksiko melalui Bolanos pada menit 2 saat menyambut umpan dari Jefferson Montero, namun masih bisa diselamatkan penjaga gawang Jose Corona.

Menit enam giliran Christian Noboa yang menguji ketangkasan Jose Corona lewat tendangan jarak jauhnya.

Ekuador akhirnya memperoleh keunggulan setelah melancarkan serangan bertubi-tubi pada menit 26, setelah Bolanos menyambar bola muntah hasil tendangan Valencia.

Meksiko yang berusaha untuk keluar menyerang, selalu terjerat dalam skema jebakan offside yang diterapkan oleh barisan pertahanan Ekuador, tercatat sepanjang babak pertama tiga kali keberhasilan penerapan strategi itu membatasi daya kreativitas anak-anak besutan Herrera.

Berikut susunan pemain yang akan diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi CONMEBOL.

Meksiko (3-4-1-2): Jose Jesus de Corona (PG); Julio Cesar Dominguez, Hugo Ayala, Efrain Velarde; Gerardo Flores, Javier Guemez, Juan Carlos Medina, Juan Carlos Valenzuela; Jesus Manuel Corona; Matias Vuoso, Raul Jimenez
Pelatih: Miguel Herrera

Ekuador (4-2-3-1): Alexander Dominguez (PG); Juan Carlos Paredes, Gabriel Achilier, Arturo Mina, Walter Ayovi; Christian Noboa, Osbaldo Lastra; Renato Ibarra, Miller Bolanos, Jefferson Montero; Enner Valencia
Pelatih: Gustavo Quinteros

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015