Baghdad (ANTARA News) - Sebanyak 25 orang tewas dan 24 orang lagi cedera pada Sabtu (27/6) dalam serangan udara Irak dan bentrokan dengan anggota ISIS, kata beberapa sumber keamanan.

Di Provinsi Anbar, sebanyak 12 anggota ISIS tewas ketika satu pesawat udara Irak melancarkan serangan terhadap satu posisi ISIS di Kota Kecil Qaim di dekat perbatasan Irak-Suriah, kata satu sumber keamanan provinsi kepada Xinhua.

Secara terpisah, satu helikopter milik militer menggempur Kota Fallujah, sekitar 50 kilometer di sebelah barat Ibu Kota Irak, Baghdad, sehingga menewaskan empat orang dan melukai tujuh orang lagi, kata sumber itu.

Kelompok ISIS telah merebut sebagian besar Provinsi Anbar dan berusaha bergerak maju ke arah Baghdad selama beberapa bulan belakangan. Tapi beberapa serangan balasan oleh pasukan keamanan dan milisi Syiah telah membuat mereka mundur.

Di Provinsi Salahudin, pasukan keamanan Irak dan milisi sekutunya, yang dikenal dengan nama Hashd Shaabi --atau Gerakan Rakyat-- bentrok dengan anggota ISIS di Kota Baiji, sekitar 200 kilometer sebelah utara Baghdad, kata Xinhua.

Bentrokan juga terjadi di satu kilang minyak di dekat kota itu.

Sedikitnya delapan petempur ISIS tewas dan dua lagi ditangkap, dan empat kendaraan ISIS hancur, kata satu sumber keamanan provinsi.

Bentrokan di provinsi tersebut terjadi sebagai bagian dari bentrokan sengit antara tentara dan anggota ISIS selama beberapa hari belakangan. Tentara berjuang membebaskan Baiji dari cengkeraman ISIS yang merebut beberapa bagian kota kecil itu dan kilang minyak, tambah sumber itu.

Sejak 2 Maret, pasukan keamanan dan ribuan anggota milisi Syiah serta Sunni sekutunya telah terlibat dalam serangan terbesar Irak guna merebut kembali bagian utara Provinsi Salahudin dari anggota ISIS, termasuk Tikrit dan desa serta kota kecil penting lain.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015