Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan ponsel lokal ADVAN menggandeng perusahaan perangkat raksasa komputer dunia Intel untuk mendongkrak dinginnya pasar tablet PC lokal.

"Kerja sama ini akan menjadi tenaga baru bagi ADVAN, terutama dalam memperkuat pasar tablet lokal hingga makin bergairah," ujar Direktur Pemasaran ADVAN Tjandra Lianto, dalam konferensi pers penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta, Selasa.

Keberadaan prosesor Intel sebagai "otak" pada tablet PC akan mempermudah masyarakat dalam memaksimalkan fungsi tablet di berbagai sektor, salah satunya bisa menjadi pendorong pengembangan bisnis masyarakat di bidang pemula.

Pasar tablet PC melesu pada penghujung 2014, hal itu disebabkan minimnya teknologi tablet PC. Penjualan tablet PC secara global hanya mencapai 7,2 persen.

"Diperkirakan pasar tablet PC akan kembali menggeliat. Penggunaan tablet PC di Tanah Air baru 9,8 persen, sementara di dunia mencapai 48 persen," terang dia.

Dia mengharapkan kerja sama itu dapat menjadi terobosan yang mampu memberikan pengaruh positif bagi pengembangan beragam ekosistem teknologi informasi.

Manajer Intel Indonesia, Harry K Nugraha, mengatakan pihaknya memahami pentingnya sinergi dengan pemimpin pasar lokal seperti ADVAN.

"Produsen perangkat lokal adalah salah satu kuncinya. Mereka akan mempermudah dalam mengembangkan pasar teknologi lokal," kata Harry.

Produk ADVAN Vandroid Series yang akan dilengkapi prosesor Intel terbaru yakni Intel Atom X3.

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015