Merak (ANTARA News) - Pemudik mulai memadati Pelabuhan Merak Cilegon Banten pada Sabtu untuk menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Berdasar pantauan, Sabtu, terlihat ribuan penumpang mulai berdatangan baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.

Para pemudik pejalan kaki terlihat mengantre di loket-loket penjualan karcis penyeberangan. Begitu juga kendaraan pribadi memadati di lima dermaga Pelabuhan Merak sambil menunggu naik ke atas kapal yang bersandar.

"Semua pemudik pada H-6 lebaran terlayani dengan baik, dengan pengoperasian 27 kapal ferry," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Sabtu.

Ia mengatakan seluruh penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pemudik terus berdatangan menuju Pelabuhan Merak dan saat ini mulai terasa ada kepadatan calon penumpang kapal penyeberangan.

Sebagian besar pemudik masih berangkat pada malam hari, meskipun sudah dilakukan imbauan agar menyeberang siang hari untuk mencegah kepadatan dan kemacetan lalu lintas.

ASDP Merak mengoperasikan 27 unit kapal ferry untuk mencapai target perjalanan Merak-Bakauheni di atas 95 trip.

Dengan perjalanan di atas 90 trip, tidak akan terjadi antrean maupun penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak.

"Kami terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan sehingga pemudik tidak ada telantar juga menyeberang dengan selamat sampai tujuan," katanya.

Sejumlah pemudik mengaku bahwa mereka merasa lega setelah tiba di Pelabuhan Merak tidak begitu lama bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni Lampung.

"Kami tidak lama menunggu antrean kendaraan di dermaga Merak dan langsung bisa diseberangkan ke Pulau Sumatera," kata Yanto yang hendak merayakan lebaran di Bandarlampung.

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015