Karangsem (ANTARA News) - Arus mudik di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem yang menghubungkan Bali dan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada lima hari sebelum Idul Fitri 1436 H/2015 masih didominasi pemudik bersepeda motor.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyemberangan (ASDP) Padangbai mencatat ada 2,591 unit sepeda motor yang digunakan dalam mudik hari kelima sebelum Lebaran itu.

Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan penyemberangan kendaraan roda empat atau kendaraan pribadi yang kurang dari 1.000 unit.

"Lebih enak dan nyaman mudik dengan sepeda motor, bahkan lebih cepat sampai di tempat tujuan dibandingkan dengan menumpang kendaraan umum," ujar Ilham di Pelabuhan Padangbai.

Sebagian besar pemudik menyeberang pada malam hari yang menurut Kepala Tata Usaha pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Padangbai, I Made Budha didasari alasan supaya tidak panas-panas antre di pelabuhan.

"Harga tiket sama, tidak panas, berangkat malam, tiba di Lombok sudah pagi. Makanya banyak memilih malam hari," ujar Budha. 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015