Kendari (ANTARA News) - Jumlah penumpang kapal cepat yang berangkat dari pelabuhan Kendari menuju Raha dan Baubau, Sulawesi Tenggara meningkat tajam, kata Ketua Posko Angkutan Mudik Lebaran 2015 Kota Kendari Patahuddin di Kendari, Selasa.

Patahuddin mengatakan sebelum ini, jumlah penumpang hanya kurang lebih 1.000 orang yang diangkut dengan dua armada kapal cepat.

"Sekitar 500 penumpang berangkat pagi sekitar pukul 07.30 WITA dan 500 penumpang lagi berangkap siang, pukul 13.30 WITA," katanya.

Memasuki tiga hari sebelum Lebaran hari ini, jumlah penumpang yang diangkut dengan tiga kapal cepat yang berangkat pukul 07.30 WITA adalah 1.113 orang, sedangkan kapal cepat yang berangkat siang sekitar pukul 13.30 WITA diperkirakan akan mengangkut 1.200-an orang.

"Meski jumlah penumpang terbilang banyak, namun semuanya bisa terangkut karena kapal cepat yang disiapkan untuk mengangkut penumpang sebanyak lima unit," kata dia.

Sampai Selasa pagi ini kapal cepat pengangkut penumpang baru empat kapal karena jumlah penumpang masih cukup dilayani oleh empat kapal itu.

"Kalau jumlah penumpang bertambah lagi, maka kapal cepat yang sudah disiagakan di pelabuhan Kendari siap dioperasikan melayani penumpang mudik," kata Patahuddin.


Pewarta: Agus
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015