... anak sekolah khan mulai masuk pas Senin (27/7)...
Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung, Jakarta Timur, terus berbenah mempersiapkan kedatangan puncak arus balik yang diprediksi bakal terjadi sepekan lagi atau tepatnya H+7 Lebaran Idul Fitri 1436 H, Jumat (24/7) mendatang.

Prediksi itu disampaikan Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung, Simon Ginting, di kantornya, Jumat.

"Saya kira Jumat depan (24/7) bisa memasuki masa puncak kedatangan pemudik yang kembali dari kampung halaman masing-masing," kata Ginting.

Prakiraan tersebut disampaikan Ginting berdasarkan jadwal permulaan kembali para karyawan maupun anak sekolah.

"Anak-anak sekolah khan mulai masuk pas Senin (27/7) dan orang tua mereka juga kemungkinan begitu, jadi ya kemungkinan pada Kamis (23/7) atau Jumat depan (24/7) sudah mulai meningkat di area kedatangan," kata dia. 

Pihak terminal juga mengantisipasi lonjakan kedatangan bus-bus dari luar kota tersebut dengan menyiasatai pola sirkulasi demi menghindari penumpukan bus saat menurunkan penumpang.

Selain itu, Ginting juga tidak mengkhawatirkan kondisi penumpukan bus-bus kosong tanpa penumpang yang saat ini masih terjadi di Terminal Pulogadung.

Sebab, lanjutnya, kebiasaan memperlihatkan para sopir yang sempat memilih untuk menunggu di dalam terminal akan segera beranjak ketika memasuki lebaran hari kedua.

"Biasanya kalau sudah masuk Lebaran hari kedua, mereka yang sempat menunggu segera meninggalkan terminal jika tidak ada penumpang," katanya.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015