Jayapura (ANTARA News) - Pasca insiden Karubaga yang terjadi Jumat (17/7), Kapolres Tolikara AKBP Suroso dicopot dari jabatannya kemudian diganti AKBP Musa Korwa.

Serah terima jabatan yang berlangsung di aula Rastra Samara Polda Papua di Jayapura dipimpin Waka Polda Papua Brigjen Pol Rudolf Roja, dengan disaksikan sejumlah pejabat di lingkungan Polda Papua.

Waka Polda Papua Brigjen Pol Rudolf Roja kepada wartawan seusai memimpin sertijab kapolres menegaskan, Suroso tidak dicopot melainkan diganti karena pimpinan akan menugaskan yang bersangkutan di bagian inspektorat Polda Papua.

"AKBP Suroso tidak gagal dalam melaksanakan tugas sehingga dipercayakan menduduki jabatan baru," kata Brigjen Pol Roja.

Insiden Tolikara terjadi saat umat Islam sedang melaksanakan sholat Ied di halaman Koramil Karubaga, dengan melakukan pelemparan kepada jemaah hingga menyebabkan aparat keamanan mengeluarkan tembakan peringatan .

Tembakan peringatan yang dikeluarkan aparat keamanan itu menyebabkan 11 orang mengalami luka, bahkan satu diantaranya meninggal setelah dievakuasi ke RSUD Dok Dua Jayapura.

Sesaat setelah terjadi penembakan, mereka melakukan pembakaran terhadap puluhan kios yang akhirnya merembet ke mushola yang berada disekitar kios yang terbakar.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015