Penunjukan BTN selaku koordinator kegiatan HUT tersebut merupakan momentum kami untuk memberikan komitmen bagi pengembangan daerah,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian BUMN menugasi PT Bank Tabungan Negara Tbk menjadi koordinator kegiatan penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI ke-70 untuk wilayah Papua, dengan tema "BUMN Hadir Untuk Negeri".

"Penunjukan BTN selaku koordinator kegiatan HUT tersebut merupakan momentum kami untuk memberikan komitmen bagi pengembangan daerah," kata Direktur Utama BTN Maryono di Jakarta, Kamis.

Maryono menjelaskan, setidaknya tercatat 34 provinsi yang menjadi tempat bagi penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI yang digelar tanggal 15-23 Agustus 2015.

Papua dan Wamena yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia turut menjadi perhatian dalam program BUMN turun ke daerah ini.

"Sebagai bagian putra bangsa, kami sangat peduli dan kami bersenang hati mendapatkan peran untuk mengkoordinasi kegiatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI di wilayah Papua," ujarnya.

Beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain jalan sehat, upacara bendera, pasar murah, pesta rakyat, bedah rumah veteran, perbaikan sarana sekolah, kegiatan BUMN mengajar dan perlombaan-perlombaan tradisi masyarakat setempat.

Dalam kegiatan pasar murah nantinya akan dijual sembako dengan harga hanya 30 persen dari harga normal atau masyarakat mendapat diskon 70 persen.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan setelah jalan sehat sepanjang 8 KM dan pesta kuliner makanan daerah.

Hasil penjualan sembako tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sandang dan pangan yang rencananya akan diserahkan di Puncak Jaya.

"Kami mengharapkan masyarakat khususnya di wilayah Jayapura dapat ikut berperan dalam seluruh kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka HUT RI tersebut," kata Maryono.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015