Padang (ANTARA News) - Sebanyak 1.200 peserta akan mengikuti kegiatan sepeda santai bertajuk Fun Bike Semen Padang dalam rangkaian kegiatan rutin Semen Padang Sport dan Art Olimpic (Sportalympic) 2015 yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (15/8).

"Kegiatan ini sekaligus menjadi kegiatan pembuka acara BUMN Hadir untuk Negeri 2015 di GOR Agus Salim Padang," Ketua Panitia Fun Bike Erick Reza Alandri di Padang, Jumat.

Menurut dia minat penggemar olahraga sepeda cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan ini dan yang sudah mendaftar mencapai 1.200 orang memperebutkan hadiah utama dua unit sepeda motor.

Ia menyampaikan Fun Bike dengan jarak 17 kilometer tersebut mengambil rute GOR Haji Agus Salim, Jalan Khatib Sulaiman, DPRD Provinsi, Jalan S Parman, Jalan Juanda, Jalan Samudera, Jalan Batang Arau, Jalan Kampung Nias, Bagindo Aziz Chan, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Rasuna Said, dan kembali ke GOR H Agus Salim.

Para peserta Fun Bike berasal dari Club Sepeda Semen Padang yaitu Semen Padang Bike Club di bawah binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group, serta masyarakat umum, ujar dia.

Erik mengatakan peserta akan dilepas Direksi Semen Padang sekitar pukul 07.00 WIB diawali senam pagi untuk pemanasan bagi peserta>

Kegiatan Sportalympic digelar PT Semen Padang setiap tahun untuk memperingati HUT pengambilalihan pabrik pada 5 Juli.

Dalam rangka memperingati HUT pengambilalihan PT Semen Padang yang ke-57 tahun, Sportalympic 2015 digelar dengan sejumlah kegiatan, seperti pertandingan olahraga, kesenian dan kegiatan massal.

Sementara Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendri mengatakan bertepatan dengan HUT pengambilalihan PT Semen Padang, mengambil momentum HUT Kemerdekaan RI ke-70, BUMN yang tergabung dalam Forum Komunikasi BUMN (FK BUMN) di Sumbar menggelar berbagai kegiatan sosial bagi rakyat yang bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri 2015 pada 15 - 17 Agustus 2015.

Kegiatan Fun Bike Semen Padang menjadi kegiatan awal dari BUMN Hadir untuk Negeri 2015, kata dia.

Saat fun bike juga digelar kuis sains, pameran, berbagai hiburan, festival band, dan pada malamnya ada parade artis Minang yang menampilkan Modus Band, Pilar, dan Ajo Buset.

Pada 16 Agustus digelar jalan sehat dengan target peserta sekitar 10.000 orang, pesta kuliner kaki lima gratis dan panggung gembira dengan kegiatan Makan bersama rakyat.

Kemudian atraksi pesilat Merpati Putih, konser artis Janeta Janet, panggung hiburan serta pemutaran film kepahlawanan.

Pada 17 Agustus akan digelar Upacara HUT Kemerdekaan RI di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang melibatkan FK BUMN, penanaman pohon, aneka perlombaan berupa pacu karung, tarik tambang, panjat pinang, bakiak, dan makan kerupuk.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015