Bogor (ANTARA News) - Upacara memperingati HUT RI ke-70 di dalam kereta api commuter line dari Stasiun Besar Bogor menuju Jakarta yang diselenggarakan oleh PT KAI membuat haru sejumlah penumpang.

Upacara dilakukan dengan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang ditampilkan dalam layar monitor kereta, sambil menyanyikan lagu Indonesia raya, diikuti sejumlah penumpang bersama Kepala Stasiun Besar Bogor, perwakilan PT KAI dan anggota Pramuka, Senin.

"Terimakasih KAI," ujar salah seorang penumpang sesaat setelah upacara selesai dilaksanakan.

Suhartono (51) warga Kota Bogor, mengaku terharu dengan upacara singkat yang dilakukan oleh PT KAI di dalam kereta. Hal tersebut mengingatkan dirinya saat menghadiri upacara bendera 17 Agustus di Istana Merdeka Jakarta.

"Sewaktu SMP dan SMA saya sering hadiri upacara bendera 17 Agustus. Dan yang saya saksikan hari ini mengharukan bagi saya," katanya.

Menurut Suhartono, hari kemerdekaan perlu dibangkitkan lagi di tengah masyarakat, sebagai penghargaan kepada para pejuang yang telah berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia.

Ia merasa, saat ini semangat menghargai hari kemerdekaan sudah mulai hilang di kalangan generasi muda. Oleh karena itu, pemerintah atau semua pihak harus menggelorakan kembali rasa nasionalisme itu.

"Di Hari Kemerdekaan ini kita harus bersyukur, karena diberikan kemerdekaan. Bentuk rasa syukur itu dengan memberikan yang terbaik kepada bangsa ini, jadilah pelajar yang berprestasi, pejabat yang amanah, masyarakat yang tertib," katanya.

Suhartono menilai, cara PT KAI dalam memeriahkan HUT RI ke-70 menjadi momen yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk bersama-sama membangun negeri.

Upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penghormatan bendera berlangsung di sejumlah gerbong dalam satu rangkaian kereta api commuter line dari Stasiun Bogor sekitar pukul 10.45 WIB, dan berakhir kurang dari lima menit. Proses sakral tersebut berlangsung kurang dari lima menit. Sejumlah penumpang kereta baik tua, maupun muda, turut berpartisipasi melaksanakan upacara.

Humas KCJ Adli Hakim menyebutkan, dalam memeriahkan HUT RI ke-70, PT KAI menyelenggarakan sejumlah program kemerdekaan yakni upacara di atas kereta, tiket gratis bagi penumpang KRL Jabodetabek dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, dan penjualan tiket multi trip edisi kemerdekaan.

"Ini pertama kalinya PT KAI melaksanakan program tiket gratis dan upacara di atas kereta. Seiring dengan semangat BUMN yang di ulang tahun ke 70 Republik Indonesia BUMN hadir untuk negeri, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, hadiah dan apresiasi untuk masyarakat," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015