Jakarta, 17/8 (Antara) - Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-70, PT ASABRI menggelar program renovasi 70 rumah milik para mantan punggawa bangsa yang diberi nama Bedah Rumah Veteran. Direktur PT ASABRI Adam R. Damiri menyebut program tersebut adalah bentuk apresiasi atas jasa para veteran. "Program bedah rumah dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan rumah tinggal yang nyaman, aman, dan layak huni," ungkap Adam di Gedung ASABRI, Cawang, Senin (17/8).

Salah seorang penerima bantuan adalah Koptu (Purn.) M. Noer (67), mantan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang berdinas selama 1967-1995. Rumah triplek mungil milik Noer yang terletak di Kelurahan Ciparigi, Bogor Utara, Jawa Barat, kini berubah menjadi hunian berdinding beton kokoh seluas 70 m2 setelah mendapat bantuan dana renovasi sebesar Rp 30 juta. "Saya mengucapkan syukur dan banyak terima kasih kepada PT ASABRI atas bantuannya," tutur Noer di kediamannya.

Seratus meter dari rumah milik Noer, rumah seluas 50 m2 milik Omajah (60), janda Jan Meli, seorang petugas Puspom TNI yang meninggal dunia pada 2008 karena sakit, juga mendapat bantuan renovasi. Omajah mengapresiasi bantuan PT ASABRI mengingat kondisi keuangannya tengah terpuruk setelah sang anak yang merupakan tulang punggung keluarga, Arif Roni (39), seorang TNI Angkatan Udara yang berdinas di Lanud Atang Senjaya, meninggal dunia akibat komplikasi ginjal beberapa waktu lalu.

"Saya tak henti mengucap syukur, sekarang rumah saya jadi bagus," tutur Omajah. Selain bantuan bedah rumah, PT ASABRI juga memberikan bingkisan perabotan rumah tangga berupa televisi, dispenser, dan alat setrika. 

Direktur Keuangan dan Investasi PT ASABRI Heri Setianto menegaskan, ide bedah rumah PT ASABRI menginspirasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menggelar program serupa. "Seluruh BUMN akan membangun bedah rumah veteran sebanyak 45 rumah di setiap provinsi," pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015