Selain untuk menyambut HUT RI yang ke-70, sekaligus untuk memperingati hari jadi Kota Padang yang ke-346,"
Padang (ANTARA News) - Suara kicauan seribu ekor burung meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-70 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Seribu ekor burung dengan beragam jenis ini saling beradu suara dalam even "Bird Singing Contest Wali Kota Padang Cup 1" di Museum Adityawarman, Senin.

"Selain untuk menyambut HUT RI yang ke-70, sekaligus untuk memperingati hari jadi Kota Padang yang ke-346," kata Ketua Panitia "Bird Singing Contest Wali Kota Padang Cup 1, Roni Indra di Padang, Senin.

Ia mengatakan, tujuan digelarnya acara ini adalah untuk meningkatkan animo pariwisata Kota Padang, serta sekaligus menjadi momen silaturahmi antara sesama pencinta burung dari berbagai daerah.

Ia menyebutkan, peserta tidak hanya berasal dari Padang maupun Sumatera Barat saja, akan tetapi ada juga yang datang dari Pekanbaru, Jambi, Dumai dan daerah lainnya.

"Penilaian pemenang lomba dilakukan berdasarkan durasi suara burung dan nyanyiannya, untuk itu suara burung yang paling merdu akan menjadi pemenang," katanya.

Kegiatan yang berkelanjutan setiap tahun ini juga mendapatkan hadiah, yaitu pemenang pertama meraih piala bergilir dan uang tunai sebesar Rp2,5 juta, sedangkan pemenang kedua uang tunai sebesar Rp2 juta serta pemenang ketiga mendapat Rp1,5 juta.

Sementara Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pemerintah setempat sangat mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata seperti ini, karena akan meningkatkan kunjungan di daerah itu.

Ia menyebutkan, bahwa saat ini pariwisata Kota Padang terus berbenah dan sedang gencar-gencarnya menggelar beragam agenda pariwisata yang bertujuan agar Padang menjadi destinasi wisata.

"Kami selalu mendukung setiap kegiatan pariwisata yang mendatangkan orang ramai dan sesuai dengan nilai-nilai masyarakat," katanya.

Ia berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat untuk menggairahkan pariwisata Kota Padang, sehingga Padang menjadi ramai dan banyak dikunjungi.

Pewarta: Junisman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015