Jakara (ANTARA News) - Selama ini kita cukup familiar dengan berbagai kata yang disematkan kepada Kota Yogyakarta seperti kota gudeg, kota budaya hingga kota pelajar.  Ya, dengan sederet julukan yang dimilikinya tersebut, kota ini pantas ditetapkan sebagai miniatur Indonesia.

Sikap ramah tamah yang dimiliki masyarakat setempat membuat Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang paling banyak di huni oleh para pendatang, baik untuk berwisata, menimba Ilmu, atau bahkan menetap di tempat ini.  

Sekedar mengetahui, para pendatang yang  ada, tidak hanya berasal dari luar daerah semata, tetapi juga berasal dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda. Tak heran, jika tempat ini telah banyak melahirkan banyak seniman, budayawan, serta kaum Intelektual tanah air yang sukses dimana dulunya turut memilih kota ini sebagai tempat untuk menggembleng kemampuannya.

Berbicara mengenai pendidikan, Yogyakarta memiliki banyak  universitas negeri maupun universitas swasta terkemuka, yang pada akhirnya turut merepresentasikan tempat ini sebagai kota untuk tujuan pendidikan.

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengapa banyak para pendatang yang memilih tinggal di Yogyakarta :

1. Terdapat Universitas Terbaik Indonesia

Universitas Negeri Gajah mada atau yang biasa di singkat dengan UGM, merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Tak heran, banyak pelajar dari seluruh nusantaran yang berminat mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi ini, meski untuk bisa lolos tak semudah membalikan telapak tangan.

Faktor lainnya, kenapa UGM menjadi favorit para pelajar ialah karena menawarkan biaya kuliah yang cukup murah, ditambah lagi dengan banyaknya beasiswa dari dalam maupun luar negeri yang ditawarkan kepada mahasiswa untuk melanjutkan kuliah ke jenjang selanjutnya.

Selain memiliki universitas negeri, kota ini juga memiliki universitas swasta terkemuka seperti Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta dimana harga uang bayarannya pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan universitas di kota lain.

2. Biaya hidup yang relatif Murah

Di kota ini, banyak terdapat rumah kost yang biayanya cukup terjangkau bagi kantong para mahasiswa. Selain itu, biaya makan serta keperluan sehari-harinya pun terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

3. Banyak tempat Wisata yang tersedia

Objek wisata di Yogyakarta terbilang memiliki paket komplit mulai dari wisata sejarah dan budaya seperti keraton dan Candi Borobudur, keindahan wisata pantai di bagian selatan, hingga wisata belanja seperti Malioboro, Bering Harjo, serta pusat belanja oleh-oleh lainnya.

Seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang ke kota ini untuk tujuan wisata. Saat ini, sudah banyak berdiri hotel yang berada tidak jauh dari pusat kota, seperti halnya Grand Aston Yogyakarta anak dari Perusahaan hotel terbesar Aston Internasional yang turut menawarkan kenyamanan hotel dengan lokasi strategis yang akan membuat perjalanan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

4. Kemudahan Akses Transportasi

Cukup banyak pilihan moda transportasi yang dapat dipilih untuk sampai ke kota ini. Untuk moda transportasi udara, para pendatang dari luar pulau dapat menggunakan pesawat udara dengan tujuan bandara Adi Sutjipto. Sementara itu, untuk para pendatang yang berasal dari satu pulau, dapat menggunakan moda transportasi darat dengan tujuan Stasiun Tugu ataupun Lempuyangan atau menggunakan bus dengan tujuan Terminal Bus Giwangan.

5. Banyaknya Fasilitas Penunjang

Di kota ini juga banyak berdiri fasilitas penunjang seperti fasilitas kebugaran dan olahraga, pusat perbelanjaan, bioskop, taman bermain, serta fasilitas hiburan lainnya yang dapat ditemukan di setiap sudut kota.  Semua fasilitas tersebut, dipastikan akan membuat para pendatang betah berlama-lama untuk tinggal di Yogyakarta.

ADV

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015