London (ANTARA News) - Striker Togo Emmanuel Adebayor telah dilepaskan dari kontraknya dengan Tottenham Hotspur melalui kesepakatan timbal balik, kata klub Liga Utama Inggris itu seperti dikutip AFP.

Kepergian pemain 31 tahun itu sudah diperkirakan akan terjadi mengingat dia tidak dimasukkan ke skuat 25 pemain Tottenham untuk Liga Premier musim ini atau diberi nomor skuat.

"Kami bisa memastikan bahwa telah mencapai kesepakatan timbal balik dengan Emmanuel Adebayor yang akan membuatnya terbebas dari kontraknya dengan klub ini," umum Spurs dalam lamannya. "Kami doakan Emmanuel mendapatkan yang terbaik untuk masa depannya."

Mantan pemain Metz, Monaco, Arsenal, Manchester City dan Real Madrid, Adebayor bergabung dengan Spurs, awalnya berstatus pinjaman, pada 2011, sebelum dikontrak permanen pada Agustus 2012.

Dia menjadi top skorer Spurs musim 2011-12 dengan 18 gol, namun diminta melatih tim muda klubnya oleh manajer Andre Villas-Boas pada 2013.

Penunjukkan Tim Sherwood sebagai pengganti Villas-Boas menjadi  pembalikan keberuntungan Adebayor, namun dia meredup dari radar Mauricio Pochettino musim lalu dengan hanya 10 kali tampil.

"Sudah jelas untuk dia. Kami telah berbincang sebelum akhir musim lalu dan saya menjelaskan pandangan saya," kata Pochettino.  "Saya kira sudah jelas dia tidak ada dalam pikiran saya atau dalam rencana masa depan Tottenham. Ini tidak masalah baik baginya maupun kami."

"Sudah jelas dari awal, tiga atau empat bulan lalu, dan adalah keputusannya apakah akan tinggal atau tidak."

"Kami senantiasa siap membantu dia. Kami punya hubungan yang baik. Satu-satunya masalah sekarang ini adalah mendapatkan solusi untuk dia dan solusi untuk klub, hal yang bagus untuk kedua belah pihak."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015