Di bidang ekonomi kita pernah meraih pertumbuhan ekonomi sebesar delapan persen,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Gubernur Sinyo H Sarundajang mengatakan sejumlah keberhasilan telah diraih Provinsi Sulawesi Utara pada beberapa tahun belakangan ini.

"Di bidang ekonomi kita pernah meraih pertumbuhan ekonomi sebesar delapan persen," kata Sarundajang saat memberikan sambutan pada pelantikan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Sumarsono di Jakarta, Selasa.

Pertumbuhan ini sempat menurun menjadi 6,5 persen karena terimbas gejolak ekonomi global yang mengalami perlambatan.

Selain itu, Sulut meraih peringkat pertama terbaik nasional bebas buta aksara sebesar 0,47 persen, sedangkan IPM peringkat ketiga nasional di bawah DKI Jakarta dan Yogyakarta.

Di bidang ketenagakerjaan, lanjut mantan irjen depdagri ini, angka pengangguran pada tahun 2011 berada pada kisaran 9,19 persen, dan turun menjadi 6,68 persen di tahun 2013.

"Saat ini sedang dilaksanakan tiga mega proyek yaitu jalan tol Manado-Bitung sebagai urat nadi meningkatkan perekonomian di bidang ekspor impor, transportasi kawasan industri KEK Bitung dan perluasan pelabuhan Bitung menjadi pelabuhan internasional," katanya.

Sejumlah keberhasilan tersebut, kata dia, tidak lepas dari dukungan dan peran serta berbagai elemen masyarakat di daerah Nyiur Melambai.

"Saya bersedia membantu baik diminta maupun tidak agar Penjabat Gubernur Sulut dalam mengawal tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, utamanya dalam rangka menyukseskan pilkada serentak bisa berlangsung sukses," katanya.

Mantan Gubernur Sarundajang yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Sinyo H Sarundajang mengakhiri masa jabatan pada 20 September, Mendagri Tjahjo Kumolo kemudian melantik Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015