Pemerintah telah berkomitmen untuk mendukung penuh penyelenggaraan TAFISA 2016. Untuk teknis kami bekerja sama dengan Forminas. Kami optimistis masyarakat juga akan memberikan dukungan,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia memastikan kesiapannya untuk menggelar Olimpiade Olahraga Rekreasi atau lebih dikenal dengan TAFISA World Games 2016 di Jakarta, 6-12 Oktober 2016 dan persiapan untuk menghadapi kejuaraan bergengsi ini mulai berjalan.

Kesiapan Indonesia untuk menggelar kejuaraan yang masuk keenam kalinya tersebut disampaikan langsung oleh Menpora Imam Nahrawi pada Kongres TAFISA di Budapest Hungaria, Kamis.

"Pemerintah telah berkomitmen untuk mendukung penuh penyelenggaraan TAFISA 2016. Untuk teknis kami bekerja sama dengan Forminas. Kami optimistis masyarakat juga akan memberikan dukungan," kata Imam Nahrawi pada siaran pers yang diterima media di Jakarta.

Salah satu dukungan penuh dari pemerintah yang telah terealisasi adalah sudah keluarnya keputusan presiden (keppres) tentang Panitia Pengarah dan Panitia Penyelenggara The 6th TAFISA Wolrd Sport for All Games 2016 yang melibatkan 11 kementerian dan Polri.

Di hadapan peserta kongres, menteri kelahiran Bangkalan Madura itu menjelaskan jika di Indonesia olahraga rekreasi yang didalamnya terdapat olahraga tradisional telah menjadi bagian strategis program pemerintah dengan sasaran untuk peningkatan kebugaran jasmani. Selain itu menjadi salah satu instrumen membangun karakter bangsa.

"Semoga event ini menjadi momentum untuk mencapai konsensus global bagi kemitraan strategis yang diikat oleh gerakan "global summit on sport for all " yang menghasilkan Jakarta Charter," kata politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Dalam Kongres TAFISA di Budapest itu juga, Menpora Imam Nahrawi juga telah menyampaikan laporan kesiapan Indonesia untuk menggelar TAFISA World Games di Jakarta yang akan melibatkan lebih dari 110 negara peserta.

Mengingat waktu pelaksanaan tinggal sekitar setahun lagi, Menpora pada kesempatan Kongres TAFISA tersebut juga telah menyampaikan undangan atas nama pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk datang dan berpartisipasi dalam event The 6th TAFISA World Sport for All Games 2016 di Jakarta.

Tidak hanya mempromosikan Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan TAFISA World Games, Menpora juga mempromosikan sejumlah obyek wisata terkenal di Indonesia seperti Bali, Lombok, Pulau Komodo, Candi Borobudur, Raja Empat dan lain sebagainya.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015