Jakarta (ANTARA News) - Lembaga pengembangan metodologi pembelajaran Alquran, CintaQuran dan lembaga penyalur zakat Dompet Dhuafa mengharapkan sekitar 10.000 muslimah atau kaum wanita, bisa membaca (melek) aksara Alquran pada tahun 2016.

"Kita harapkan sekitar 10.000 muslimah bisa membaca Alquran pada tahun 2016 mendatang," kata CEO CintaQuran Ustadz Fatih Karim dalam konferensi pers persiapan acara Amazing Muharam di Cikini, Jakarta, Kamis.

Untuk mencapai target tersebut, CintaQuran dengan didukung Dompet Dhuafa menginisiasi program Amazing Muslimah sejak tahun 2014 yang menargetkan 10.000 muslimah bebas buta aksara Alquran di Indonesia.

Ustadz Fatih mengatakan pihaknya menitik beratkan pada muslimah dikarenakan kaum wanita bisa dibilang sebagai salah satu kunci generasi masa depan sebuah bangsa karena kedekatannya dengan anak.

"Generasi mendatang sangat tergantung dengan ibunya, jika ibunya dekat dan bersahabat dengan Alquran, kita berharap generasi mendatang merupakan generasi yang cinta Quran," katanya.

Menurut dia, program Amazing Muslimah ini telah dimulai sejak Juli 2014 di 10 kota Indonesia yaitu, Makassar, Medan, Aceh, Bandung, Surabaya dan Jabodetabek dan telah membebaskan 5.000 muslimah dari buta aksara Alquran.

"Sekarang ini baru 5.000 tinggal 5.000 lagi, semoga bisa tercapai di tahun 2016 mendatang tentu dengan dukungan semua pihak," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi mengatakan untuk mensukseskan program Amazing Muslimah tersebut, pihaknya dan CintaQuran akan meluncurkan juga program penggalangan dana pada acara Amazing Muharam, Minggu (1/11) di Ballroom Granada, Menara 165, Jalan TB Simatupang, Jakarta, pukul 08.00-15.00 WIB.

"Kita akan lakukan penggalangan dana saat acara tersebut untuk mendukung program Amazing Muslimah itu, karena memang membutuhkan keikutsertaan semua pihak," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa membantu Indonesia keluar dari krisis multidimensional dengan kembali mengenal dan membaca Alquran.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi solusi atas berbagai problematika yang sering melanda bangsa ini mulai ekonomi, sosial, politik yang salah satu penyebabnya karena masyarakat sering abai pada Alquran," katanya.

Menurut informasi, Amazing Muharam telah berjalan selama empat tahun, sedangkan pada tahun 2015 ini, acara tersebut mengangkat tema Hijrah To Sharia Lifestyle yang diperkirakan dihadiri 1.500 peserta dari kawasan Jabodetabek.

Dalam acara tersebut juga rencananya akan dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad untuk mengenalkan program pemerintah dalam perbankan syariah.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015