Total ada 58 penerbangan dibatalkan, sejak Kamis kemarin hingga sekarang
Mataram (ANTARA News) - Kepala Seksi Umum dan Humas PT AP I Bandara Internasional Lombok Eka Gede Sandi Asmadi mengatakan hingga saat ini operasional bandara masih akan ditutup sampai, Sabtu (7/11).

"Sampai hari ini aktivitas di bandara masih ditutup dan diperpanjang hingga besok pagi, Sabtu (7/11) pukul 09.00 WITA," kata Eka di Mataram, Jumat.

Menurutnya, penutupan operasional bandara tersebut, karena debu abu vulkanik Gunung Barujari masih menyelimuti bandara, sehingga sangat membahayakan penerbangan.

Ia menuturkan akibat penutupan bandara itu sebanyak 29 penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Lombok (BIL) baik domestik dan internasional harus dibatalkan penerbangannya.

"Total ada 58 penerbangan dibatalkan, sejak Kamis kemarin hingga sekarang," ujarnya.

Sementara Kepala Stasiun BMKG Selaparang BIL Catur Winarti mengatakan saat ini hembusan abu vulkanik hasil erupsi Gunung Barujari mengarah ke selatan Pulau Lombok, di antaranya menuju ke BIL.

"Inilah mengapa menyebabkan operasional BIL harus ditutup, karena kondisinya tidak memungkinkan menyusul debu abu vulkanik menyelimuti bandara," jelasnya.

Ia mengatakan, BMKG tidak bisa memastikan kondisi seperti itu akan terjadi sampai kapan karena kondisi cuaca selalu berubah-ubah.

"Yang jelas arah angin dari arah utara terus menuju selatan," ujarnya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015