Jakarta (ANTARA News) - Penyedia layanan teknologi informatika asal Norwegia, Opera Software ASA, ditengarai tengah menyiapkan kehadiran salah satu produk peramban internet mereka, Opera Coast, untuk para pengguna perangkat Android.

Hal itu diungkapkan Manajer Produk Opera Mini Opera Software ASA, Christian Uribe, dalam sesi temu media di Jakarta, Kamis (12/11).

Saat dikonfirmasi, Uribe menolak untuk berkomentar kapan jadwal peluncuran kehadiran Opera Coast di toko aplikasi Google Playstore.

Opera Coast merupakan peramban internet yang dikembangkan secara khusus oleh Opera untuk kenyamanan berselancar di laman internet bagi para pengguna tablet produksi Apple, iPad.

"Fokus Coast adalah untuk menghadirkan pengalaman yang sempurna di iPad," demikian pernyataan tegas Opera di laman tanya jawab khusus mereka soal Coast.

Namun belakangan Coast juga sudah bisa diunduh oleh para pengguna ponsel keluaran Apple, iPhone, yang sama-sama dioperasikan menggunakan iOS.

Dalam sesi wawancara tersebut, Uribe, sempat memperlihatkan ponsel Android miliknya yang sudah disemati Opera Coast.

Lewat kesempatan sejenak tersebut, ANTARA News, tak menemukan perbedaan mendasar dari segi performa antara Coast versi iOS dengan Coast versi Android.

Sebagaimana di Coast untuk iOS, yang menampilkan laman secara penuh tanpa ada tab laman-laman di bagian atas halaman sebagaimana pada peramban-peramban pada umumnya, hal itu juga diaplikasikan pada Coast versi Android yang ditunjukkan Uribe.

Perbedaan mendasar yang terlihat hanya pada ikon opsi yang ada di pojok kanan bawah halaman Coast untuk Android berbentuk bulat, berbeda dengan milik Coast versi iOS yang menyediakan satu bar berisikan tiga ikon fungsi yakni penyemat, pemilih laman-laman bukaan dan halaman muka.

"Intinya, kami ingin menghadirkan pengalaman pengguna ala iPad yang kami kembangkan khusus ke platform Android," tukas Uribe, tanpa mau berkomentar lebih lanjut mengenai pengembangan Coast versi Android.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015