Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Vietnam menggelar pertemuan bilateral untuk meningkatkan kerja sama kedua negara di sela KTT ASEAN di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC) Malaysia, Minggu.

Presiden Jokowi dan PM Vietnam Nguyen Tan Dung melakukan pertemuan mulai sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

"Kami senang bisa bertemu kembali, saya sangat menghargai kerja sama Indonesia-Vietnam selama ini," kata Presiden Jokowi.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Polhukam Luhut Panjaitan, Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Perdagangan Thomas T Lembong, Seskab Pramono Anung dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri pertemuan 40 tahun ASEAN-Selandia Baru di KLCC pukul 09.00 dan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang sekitar pukul 10.00.

Presiden pun dijadwalkan melakukan penandatanganan Deklarasi Pemantapan Masyarakat ASEAN 2015 dan Deklarasi Kuala Lumpur untuk ASEAN 2025.

Pertemuan lain yang akan dihadiri Presiden adalah KTT ke-10 Asia Timur, KTT ke-18 ASEAN-Jepang, KTT ke-17 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-7 ASEAN PBB, penyampaian pernyataan bersama kerja sama ekonomi regional serta upacara penutupan KTT ASEAN ke-27 dan penyerahan keketuaan ASEAN dari Malaysia ke Laos.

Selain itu Presiden Jokowi juga akan bertemu dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Tanah Air pada Minggu malam.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015