Saya tidak mendapati bahwa mereka (Manchester United) diterpa kebosanan...Gaya permainan mereka berbeda dibandingkan ketika mereka dilatih Alex Ferguson.
Manchester (ANTARA News) - West Ham sedang membidik kejutan di sirkuit Premier League dengan memacu kencang-kencang kemenangan ketika menantang Manchester United (MU). Tim berjuluk The Hammers tidak ingin membonceng dan mendompleng puja-puji dari sejumlah pandit bahwa sepak bola tidak jarang menyediakan dan menyajikan surprise.

West Ham siap menanduk Manchester United dalam laga pekan ke-15 Premier League yang digelar di Old Trafford, pada Sabtu waktu setempat, atau Sabtu malam, pukul 22.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Indosiar.

Tim asuhan pelatih Slaven Bilic ini disebut-sebut sedang bergoyang dan berdendang bersama irama rock n roll, karena gaya permainan mereka yang nge-beat sarat dinamika. Alhasil, mereka mampu mengalahkan Arsenal, Manchester City dan Chelsea pada musim ini. Reputasi ini bukan jatuh dari langit, tetapi berkat kesungguhan dan kegigihan penampilan tim.

Hanya saja laju lokomotif West Ham terhenti lantaran empat palagan pamungkas di kompetisi domestik justru berakhir dengan dua kekalahan dan dua hasil imbang. Sebaliknya, kubu Setan Merah sedang membidik peluang menjadi juara musim ini di tengah sorotan kritis mengenai sentuhan taktik Louis Van Gaal yang dipandang terlalu lemah gemulai alias kurang memiliki greget untuk menekan lawan.

Pasukan United mampu mengoleksi dua kemenangan dari tiga laga terakhir. Torehan ini peru dibingkai dalam catatan statistik bahwa pasukan Van Gaal mencatat hasil enam imbang dalam sembilan laga terakhir.

Positifnya, hingga hitungan pekan ke-14, MU mengukuhkan diri sebagai tim dengan pertahanan kokoh dengan hanya kebobolan 10 gol, selain tidak terkalahkan dalam enam laga liga di Old Trafford.     

Komentar dua pelatih:

* Louis Van Gaal (Manchester United):

"Kami mencermati bahwa pertandingan ini tidaklah mudah hanya saja para pemain dituntut lebih fokus terlebih menghadapi sederet laga yang bakal digelar pada Januari tahun depan. Kami selalu siap menghadapi semuanya itu."

"Enam pemain kami belum pulih dari cedera. Anda tidak bisa luput dari kendala cedera karena sepak bola merupakan olah raga yang beresiko terkena cedera. Saya harus katakan bahwa kami kurang beruntung dalam soal ini."

* Slaven Bilic (West Ham):
"Saya tidak mendapati bahwa mereka (Manchester United) diterpa kebosanan. Mereka sulit dikalahkan. Saya banyak menyaksikan laga yang mereka lakoni. Di setiap pertandingan mereka mengandalkan dan memeragakan penguasaan bola, dan tidak memberi kesempatan lawan menguasai bola."

"Gaya permainan mereka berbeda dibandingkan ketika mereka dilatih Alex Ferguson. Waktu itu, mereka lebih cepat, lebih dinamis, dan membombardir lawan di kotak penalti. Mereka kerapkali meraih kemenangan dan tidak kebobolan banyak gol."

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester United (4-2-3-1):

De Gea (penjaga gawang), Young, Blind, Smalling, Darmian, Schneiderlin, Schweinsteiger, Depay, Fellaini, Mata, Martial
Pemain cadangan:
Romero, Herrera, Carrick, McNair, Lingaard, Perreira, Bordwick, Jackson

* West Ham (4-2-3-1):
Adrian (penjaga gawang), Jenkinson, Tomkins, Reid, Creewell, Kouyate, Noble, Zarate, Lanzini, Moses, Carroll
Pemain cadangan:
Spiegel, Song, Ogbonne, Jelavic, Antonio, Cullen

Data dan fakta (Opta Facts):

* Manchester United tidak terkalahkan dalam 13 laga melawan West Ham di ajang Premier League, 11 kali menang dan dua kali imbang.
* West Ham menelan tujuh kekalahan beruntun ketika berlaga di Old Trafford di ajang Premier League. Mereka hanya meraih dua kemenangan di era Premier League (W2 D0 L17).
* Dalam 19 kali bertandang ke Old Trafford, West Ham hanya menjaringkan 10 gol secara keseluruhan.
* Kedua tim sama-sama pernah mengalami pemainnya diusir dari lapangan musim lalu, Wayne Rooney di Old Trafford pada Desember dan Luke Shaw di Boleyn Ground pada Februari.
* Mauro Zarate mencetak tiga gol dalam empat laga yang ia jalani di ajang Premier League bersama West Ham pada 2015/16.
* Wayne Rooney hanya mencetak tiga gol dalam tiga laga melawan West Ham di ajang Premier League.

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang):

* Manchester United: D D W W W

28/11/2015 Leicester City 1 - 1 Manchester United
25/11/2015 Manchester United 0 - 0 PSV Eindhoven
21/11/2015 Watford 1 - 2 Manchester United
07/11/2015 Manchester United 2 - 0 West Bromwich Albion
03/11/2015 Manchester United 1 - 0 CSKA Moskva

* West Ham: D L D L W
29/11/2015 West Ham 1 - 1 West Bromwich Albion
22/11/2015 Tottenham Hotspur 4 - 1 West Ham
07/11/2015 West Ham 1 - 1 Everton
31/10/2015 Watford 2 - 0 West Ham
24/10/2015 West Ham 2 - 1 Chelsea

* Head To Head:
08/02/2015 West Ham 1 - 1 Manchester United
27/09/2014 Manchester United 2 - 1 West Ham
22/03/2014 West Ham 0 - 2 Manchester United
21/12/2013 Manchester United 3 - 1 West Ham
17/04/2013 West Ham 2 - 2 Manchester United

* Prediksi hasil laga (Goal.com):
Manchester United 2 - 0 West Ham (18 persen)
Manchester United 0 - 0 West Ham (15 persen)
Manchester United 3 - 0 West Ham (12 persen)
 
Prediksi jalannya laga:
* Manchester berusaha sekuat tenaga mencetak gol di kandang. Pasukan asuhan Van Gaal ini bakal mengontrol pertandingan dengan menerapkan skema penguasaan bola yang dominan.
* West Ham termotivasi mengalahkan tim tuan rumah dengan mengobarkan bara perlawanan sebagaimana mereka tunjukkan di awal musim kompetisi dengan mengalahkan tim-tim papan atas, yakni Arsenal, Liverpool dan Manchester City.
* Manchester United bakal tampil ngotot untuk dapat meluncur di urutan atas klasemen Premier League, tentu syaratnya dapat mengalahkan West Ham.

Prediksi hasil pertandingan menurut editor Antaranews.com:
* Manchester United: 1
* West Ham: 3

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015