Leverkusen (ANTARA News) - Barcelona memiliki proyek besar yakni mengakhiri babak penyisihan grup dengan torehan tidak pernah menelan kekalahan untuk kali pertama dalam tiga musim belakangan ini. Dan Lionel Messi berperan krusial sebagai inspirator bagi penampilan sesama rekan timnya.

Barcelona siap meladeni Bayer Leverkusen dalam laga akhir di grup E Liga Champions yang diadakan BayArena, Leverkusen, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Leverkusen terluka lebih dulu dengan kalah 1-2 dari Barcelona di Camp Nou pada Oktober lalu. Pasukan dari Bundesliga perlu menghalau sebuah mimpi buruk ketika Barcelona melibas AS Roma dengan skor 6-1.

Leverkusen terdampar di peringkat kedelapan klasemen Bundesliga setelah kalah 1-2 dari Hertha Berlin pada laga yang digelar pada Sabtu. Hanya saja mereka tidak lagi diperkuat striker Javier Hernandez yang telah mencetak 11 gol dalam 10 penampilan Leverkusen.

Sementara Barcelona di bawah asuhan Luis Enrique meraih torehan belum terkalahkan dalam 12 laga, hanya saja ditahan imbang 1-1 oleh Valencia.

Tidak terkalahkan di ajang Eropa musim ini, Enrique tidak dapat menurunkan kekuatan penuh. Raksasa La Liga itu menghadapi dan melewati periode yang sibuk jelang piala dunia antara klub yang akan mulai pada pekan depan di Jepang.

Messi, Neymar and Suarez mengoleksi 126 gol di antara mereka pada 2015. Dan Enrique menyampingkan Gerard Pique dan Andres Iniesta sementara Dani Alves absen lantaran terkena suspensi, sementara Mathieu, Sergi Roberto, Douglas dan Rafinha absen karena belum pulih dari cedera.

Komentar dua pelatih:

* Roger Schmidt (Leverkusen):

"Barcelona siap tampil gemilang. Dengan Messi yang telah pulih, mereka secara tim mampu tampil lebih baik. Ia (Messi) pemain terbaik di dunia. Tidak ada pemain manapun yang dapat menyaingi dia. Bersama dengan Bayern Muenchen, mereka mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di dunia."

"Kami siap meladeni mereka, dan melihat ke depan. Kami ingin bersaing dengan mereka di stadion kami sendiri. Kami telah menunjukkan diri sebagai tim yang mampu tampil istimewa di ajang Eropa."

* Luis Enrique (Barcelona):
"Kami tidak memasang target. Ini dapat saja berpengaruh baik atau buruk bagi kami. Saya telah banyak menuai pengalaman, baik sebagai pemain maupun  sebagai pelatih. Saya pernah merasakan tekanan ketika melewati masa-masa itu. Kadangkala semuanya itu memberi semangat kepada anda, tetapi kadangkala anda tidak dapat tampil baik juga."

"Kami telah berbicara dan berdiskusi seputar gaya bermain Leverkusen yang mengandalkan tekanan kepada lawan. Skema bermain seperti ini dapat saja menyulitkan kami. Untuk itu kami perlu mengubah sejumlah hal sejak babak pertama."

Prakiraan susunan pemain:

* Bayer Leverkusen (4-4-2):

Leno (penjaga gawang); Hilbert, Tah, Toprak, Wendell; Kramer, Kampl; Bellarabi, Mehmedi; Kiessling, Hernández.
Pemain absen: Jedvaj (cedera otot), Bender (cedera engkel)

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang); Adriano, Bartra, Vermaelen, Alba; Mascherano, Samper, Rakitić; Messi, Munir, Sandro.
Pemain absen: Alves (terkena suspensi), Douglas (cedera kaki), Rafinha (cedera lutut), Mathieu (cedera otot), Sergi Roberto (cedera engkel), Iniesta (istirahat), Piqué (istirahat)

* Top Players (Whoscored):
 
Ratings:
Bayer Leverkusen:

A. Mehmedi     7.64
K. Kampl     7.46
H. Calhanoglu     7.44

Barcelona:    
Neymar     8.35
L. Suárez     8.1
S. Busquets  7.46

Goals:
Bayer Leverkusen:
J. Hernández  4
A. Mehmedi  4
H. Calhanoglu 2
    
Barcelona:
L. Suárez     5
I. Rakitic     2
L. Messi     2

Assists:
Bayer Leverkusen:

H. Calhanoglu 3
K. Bellarabi 2
K. Kampl     2
    
Barcelona:
Neymar     3
L. Suárez     2
I. Rakitic     1

Data dan fakta (Opta Facts):
* Enam laga yang diikuti kedua tim itu di ajang Liga Champions seluruhnya dimenangkan oleh Barcelona.
* Klub asal Jerman hanya meraih sekali kalah dari enam laga kandang di ajang Liga Champions (empat kali menang, sekali imbang), mencatatkan empat gol berturut-turut di laga kandang.
* Barcelona hanya meregister satu kemenangan dari lima laga terakhir mereka ketika bertandang ke Jerman di ajang Liga Champions (dua kali imang, dua kali kalah).
* Barcelona mengoleksi 14 kemenangan dari 16 laga terakhir di ajang Liga Champions.

Lima laga terakhir:
(W:menang; D:imbang: L:kalah)

* Bayer Leverkusen: L D D W L


6/12/15 Hertha 2 - 1 Bayer 04 Leverkusen
30/11/15 Bayer 04 Leverkusen 1 - 1 Schalke 04
25/11/15 BATE Borisov 1 - 1 Bayer 04 Leverkusen
22/11/15 Eintracht Frankfurt 1 - 3 Bayer 04 Leverkusen
8/11/15 Bayer 04 Leverkusen 1 - 2 FC Köln

* Barcelona: D W W W W

6/12/15 Valencia 1 - 1 Barcelona
3/12/15 Barcelona 6 - 1 Villanovense
29/11/15 Barcelona 4 - 0 Real Sociedad
25/11/15 Barcelona 6 - 1 AS Roma
22/11/15 Real Madrid 0 - 4 Barcelona

* Head To Head:
 
30/09/15 Barcelona 2 - 1 Bayer Leverkusen
8/03/12 Barcelona 7 - 1 Bayer Leverkusen
15/02/12 Bayer Leverkusen 1 - 3 Barcelona
11/03/03 Barcelona 2 - 0 Bayer Leverkusen
27/11/02 Bayer Leverkusen 1 - 2 Barcelona

Prediksi hasil laga (Goal.com):

Bayer 04 Leverkusen 0 - 4 Barcelona (23 persen)
Bayer 04 Leverkusen 1 - 3 Barcelona (11 persen)
Bayer 04 Leverkusen 0 - 3 Barcelona (10 persen)
 
Prediksi jalannya laga:

* Skuad Bayer Leverkusen memerlukan hasil positif dalam laga ini, hanya saja lawan kali ini justru Barcelona. Dalam enam pertemuan kedua tim, tim asal Bundesliga itu kebobolan 16 gol.
* Barcelona bakal menurunkan tim yang tidak terlalu kuat menghadapi Leverkusen. Blaugrana mencatatkan 14 kali kemenangand dari 16 pertemuan kedua tim di ajang Liga Champions.
* Tim tuan rumah bakal tampil maksimal, apalagi pertandingan ini digelar di hadapan fans sendiri. Barcelona perlu mewaspadai serangan balik lawan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranws.com:

* Leverkusen: 1
* Barcelona: 2


Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015