Bandung (ANTARA News) - Tiga pendaki putri Mahitala Unpar yang tergabung dalam "The Woman Indonesias Seven Summits Mahitala Unpar" (Wissemu) berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Buenos Aires, Argentina sebelum mengawali pendakian ke Puncak Aconcagua (6.962 mdpl).

"Tim Wissemu telah tiba di Buenos Aires, dan langsung berkunjung ke Kedubes RI di sana," kata Tim Publikasi Wissemu Mahitala Unpar Alfons Hartanto di Bandung, Selasa.

Alfons menyebutkan, ketiga pendaki wanita yang terdiri dari Fransiska Dimitri Inkiriwang (22), Mathilda Dwi Lestari (22) dan Dian Indah Carolina (20) berangkat dari Jakarta pada 11 Januari 2015.

Tim pendaki yang sebelumnya telah menaklukan puncak Gunung Carstenz Pyramid, Papua, pada Agustus 2014 dan Gunung Elbrus, Rusia serta Gunung Kilimanjaro, Tanzania pada Mei 2015 lalu itu menempuh perjalanan selama 24 jam dari Jakarta ke Buenos Aires Argentiga via Istambul, Turki.

"Tim Wissemu sampai di Buenos Aires Ibukota Argentina Selasa, pukul 22.15 waktu setempat," kata Alfons.

Setelah bertandang ke Kedutaan Besar RI Di Buenos Aires, tim akan langsung bertolak ke Mendoza yang merupakan kota tempat Gunung Aconcagua.

Fransiska Dimitri Inkiriwang (22), Mathilda Dwi Lestari (22), dan Dian Indah Carolina (20), tiga mahasiswi aktif Universtias Katolik Parahyangan yang tergabung dalam Tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar.

Panjangnya rute perjalanan dan kenaikan ketinggian gunung yang cukup drastis membuat perjalanan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk didaki.

Selain jalurnya yang panjang, Aconcagua yang terletak di jajaran Pegunungan Andes memiliki cuaca dingin yang ekstrim ditambah badai angin yang sangat berbahaya dan dikenal dengan sebutan el viento blanco.

Dengan keberangkatan menuju Gunung Aconcagua ini semakin mendekatkan Tim WISSEMU untuk mencapai tujuh gunung tertinggi di tujuh benua. Apabila pendakian ini behasil akan tersisa tiga guunung lagi dari rangkaian seven summits yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan membutuhkan usaha yang lebih diabandingkan gunung-gunung sebelumnya.

Ketiga gunung lainnya yang akan didaki seusai dari puncak Aconcagua adalah Gunung McKinley/Denali (6.194 mdpl) di Alaska (Amerika Utara), Vinson (4.897 mdpl) di Ellsworth Range (Antartika), serta Everest (8.850 mdpl) di Nepal (Asia).

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016