Genoa, Italia (ANTARA News) - Kemenangan meyakinkan 4-2 yang diraih Napoli saat menyambangi markas Sampdoria, Stadion Luigi Ferrari, pada pekan ke-21, Minggu, kian mengokohkan posisi tim asuhan Maurizio Sarri itu di puncak klasemen sementara Liga Italia Seri A.

Tambahan tiga poin yang mereka kantongi membuat Napoli kini sudah memiliki total 47 poin dan berjarak lima poin dari pesaing terdekat mereka sekaligus juara bertahan Juventus (42) yang baru akan melakoni laga pekan ke-21 melawan AS Roma (35) pada Senin (25/1) dini hari WIB.

Sebuah kartu merah dikeluarkan wasit Daniele Orsato pada menit 59 untuk bek Mattia Cassani, sehingga sejak itu Sampdoria harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain saja saat keadaan tertinggal 1-2 dari Napoli.

Napoli hanya membutuhkan sembilan menit untuk membuka keunggulan di awal laga, lewat tendangan kaki kanan Gonzalo Higuain.

Menit 17, Raul Albiol yang tengah membantu serangan Napoli dilanggar oleh Edgar Barreto di area terlarang sehingga wasit memberikan hadiah tendangan penalti untuk tim tamu.

Lorenzo Insigne yang menjadi algojo sukses mengarahkan bola ke sudut kiri gawang tanpa terjangkau penjaga gawang Emiliano Viviano.

Di pengujung babak pertama, Sampdoria memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 berkat gol Joaquin Correa menyelesaikan umpan Carlos Carbonero.

Akan tetapi 14 menit usai turun minum, Sampdoria harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain setelah kartu kuning kedua untuk Cassani.

Keuntungan jumlah pemain sukses dimanfaatkan Napoli yang memperbesar keunggulan menjadi 3-1 semenit setelah Cassani meninggalkan lapangan lewat gol dari Marek Hamsik.

Sampdoria tetap memberi perlawanan meski jumlah tak seimbang, bahkan kembali memperkecil ketertinggalan lewat gol Eder pada menit 73.

Akan tetapi enam menit berselang, Napoli seolah membunuh laga tersebut bagi Sampdoria dengan gol pamungkas dari pemain pengganti Dries Mertens yang baru masuk menggantikan Insigne pada menit 75.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Sampdoria (4-2-3-1): Emiliano Viviano (PG); Mattia Cassani, Niklas Moisander, Ervin Zukanovic, Vasco Regini; Edgar Barreto (Ricardo Alvarez), Fernando Lucas Martins; Carlos Carbonero, Joaquin Correa (David Ivan), Eder; Antonio Cassano (Dodo)
Pelatih: Vincenzo Montella

Napoli (4-3-3): Jose Manuel Reina (PG); Elseid Hysaj, Raul Albiol, Kalidou Koulibaly, Faouzi Ghoulam (Ivan Strinic); Allan, Jorginho, Marek Hamsik; Jose Callejon (Omar El Kaddouri), Gonzalo Higuain, Lorenzo Insigne (Dries Mertens)
Pelatih: Maurizio Sarri.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016