Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hazan turut hadir dalam Rapat Kerja Nasional Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Masika ICMI) yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Sabtu.

"Saya berpesan kepada adik-adik Masika ICMI untuk mempersatukan umat, menghadapi berbagai tantangan berat dewasa ini, menyingkirkan perbedaan-perbedaan aliran dalam muslim dan justru mempersatukan umat serta mencari berbagai persamaan untuk membangun Indonesia," kata Zulkifli yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar 2016 selepas acara berlangsung.

Menurut Zulkifli setidaknya ada tiga tantangan yang harus dihadapi para pengurus baru Masika ICMI.

Pertama, menguasai teknologi pengolahan Sumber Daya Alam (SDA), sebab lanjut Zulkifli, negeri yang kaya SDA tidak akan ada artinya jika manusianya tidak bisa menguasai ilmu pengetahuan.

Kedua, Zulkfili meminta kepada para pengurus Masika ICMI yang baru dilantik agar di masa mendatang tidak semuanya masuk ke arena politik.

"Jangan semua mengurusi partai politik nantinya. Sebab penting juga untuk bisa menguasai keahlian ekonomi, itu tidak bisa dikesampingkan dan harus dilakukan tekun serta bersungguh-sungguh," kata Zulkifli.

Dengan banyak pengurus dan anggota Masika ICMI terjun ke dunia ekonomi, maka makin besar kemungkinan mereka belajar membangun sebuah usaha serta dampak turunannya menciptakan lapangan pekerjaan.

Tantangan ketiga menurut Zulkifli adalah agar Masika ICMI bisa mengambil peranan besar untuk meningkatkan toleransi di antara sesama Muslim.

"Kalau kita mau bisa bertoleransi terhadap siapapun, mulanya harus bisa toleransi sesama Muslim dahulu," pungkas Zulkifli.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016