London (ANTARA News) - Indeks Pembelian Manajer (PMI) sektor manufaktur Inggris, sebuah ukuran kegiatan industri, tercatat 52,9 pada Januari 2016, naik sedikit dari 52,1 (awalnya dilaporkan sebagai 51,9) pada Desember 2015, penyedia survei Markit merilis pada Senin.

PMI tetap di atas posisi netral 50,0 selama 34 bulan berturut-turut pada Januari, lapor Xinhua.

Pertumbuhan produksi manufaktur mencerminkan peningkatan arus masuk kerja baru dari pasar domestik. Selain itu, tingkat ekspansi "output" atau keluaran mengalami percepatan ke tertinggi 19-bulan. Namun, tren dalam pesanan ekspor baru balik kembali ke penurunan.

Sektor konsumen dan barang-barang investasi adalah penggerak utama dari percepatan pertumbuhan output. Sementara itu, sektor barang-barang menengah juga telah memperoleh tingkat ekspansi yang kuat.

"Meskipun survei PMI umumnya mengisyaratkan pertumbuhan produksi dan pesanan baru sampai sebanyak tiga tahun terakhir, Januari juga melihat responden mengutip meningkatnya persaingan, tantangan nilai tukar dan pasar yang lebih sulit karena faktor-faktor yang membuatnya semakin sulit untuk memenangkan kontrak baru dan melindungi margin kuat dalam beberapa bulan terakhir," David Noble, Group Chief Executive Officer di Chartered Institute of Procurement & Supply, berkomentar.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016